Sukses

6 Jenis Teh yang Bantu Menambah Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, menambah berat badan bukanlah perkara mudah. Dilansir dari BoldSky, Minggu, 25 Juli 2021, salah satu cara alami yang disebut dapat menambah berat badan, yakni dengan mengonsumsi teh.

Studi menunjukkan bahwa rata-rata pria membutuhkan sekitar 2 ribu--3 ribu kalori per hari. Sedangkan perempuan membutuhkan sekitar 1.600--2.400 kalori per hari. Jika Anda berencana untuk menambah berat badan, harus melebihi jumlah kalori harian tersebut.

Untuk menambah berat badan, tak hanya menambah porsi makan. Bisa pula dengan mengonsumsi teh yang dapat menjadi pilihan. Apa saja jenis teh itu? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Teh Dandelion

Dendelion merupakan suplemen herbal tradisional yang telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan berat badan. Teh ini bisa menjadi minum alternatif yang aman karena menurunkan retensi air dalam tubuh, meningkatkan berat badan yang sehat.

Anda bisa mengonsumsi teh ini kapan saja, namun hindari meminumnya sebelum tidur. Untuk cara membuat teh ini hanya cukup menyiapkan satu cangkir bunga dan daun dandelion. Lalu, rebus secangkir air ke dalam panci masukkan bunga dan daun.

Biarkan meresap dalam air panas selama 15--20 menit. Setelah itu saring dan dinginkan selama 3--4 jam. Orang yang alergi terhadap tanaman, seperti marigold, daisy, dan ragweed lebih cenderung alergi terhadap dandelion. Teh ini juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum meminumnya.

2. Teh Gentian

Gentian adalah ramuan yang telah digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti melawan peradangan dan pembengkakan. Mengonsumsi teh ini dapat membantu penambahan berat badan yang sehat.

Waktu terbaik untuk minum teh gentian adalah sebelum makan karena membantu merangsang nafsu makan dan pencernaan. Cara pembuatanya cukup mudah, hanya rebus dua gelas air dalam panci dan tambahkan satu sendok teh akar gentian yang telah diparut ke dalam air. Biarkan selama 20 menit dan tunggu hingga dingin baru bisa dinikmati.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

3. Teh Daun Peppermint

Daun peppermint dianggap sebagai penyembuhan perut yang dapat membantu mengatasi mual, sakit perut, dan sembelit. Selain itu, jenis teh ini dapat menambah nafsu makan Anda dengan meningkatkan proses pencernaan.

Cukup rebus dua gelas air dan matikan ketika sudah mendidih. Lalu, tambahkan segenggam daun peppermint yang sobek ke dalam air. Biarkan selama lima menit dan saring teh. Anda dapat minum teh ini setelah makan untuk membantu pencernaan di sore hari.

4. Teh Fenugreek

Mengonsumsi teh fenugreek dapat membantu Anda menambah berat badan dengan meningkatkan nafsu makan. Fenugreek dianggap sebagai salah satu penambah nafsu makan alami terbaik.

Hal ini membantu meningkatkan proses metabolisme sambil membakar kalori, menjadikannya tambahan yang sehat untuk penambahan berat badan Anda. Cara membuatnya dengan menghancurkan satu sendok teh biji methi hingga menjadi bubuk yang agak kasar.

Setelah itu rebus satu gelas air dan tuangkan ke dalam cangkir. Masukkan biji methi ke dalam cangkir dan tambahkan satu sendok teh madu untuk menambah rasa manis. Tutup dan biarkan bahan terendam selama 2-3 menit. Jangan lupa saring dan nikmati selagi hangat. Waktu terbaik untuk minum teh fenugreek adalah di pagi hari, setelah bangun tidur.

3 dari 4 halaman

5. Teh Chamomile

Teh chamomile dapat membantu menambah berat badan karena memiliki khasiatnya untuk meringankan masalah yang terkait dengan pencernaan. Jenis teh ini secara alami menenangkan karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan membantu meningkatkan nafsu makan.

Untuk membuatnya, tambahkan sedikit bubuk chamomile ke dalam segelas air matang panas. Lalu, diamkan sekitar 10 menit dan saring agar bisa dikonsumsi. Teh chamomile dapat diminum dua kali sehari dan waktu yang cocok di malam hari untuk mendapatkan manfaat tidur yang potensial.

6. Teh Chen Pi

Chen pi merupakan kulit jeruk segar yang dikeringkan sebagai bumbu dan obat tradisional. Jenis teh ini terbukti penambahan berat badan, karena teh dapat meningkatkan nafsu makan dengan mengatur sekresi lambung.

Untuk cara pembuatanya hanya membutuhkan 2--3 jeruk, air panas, dan satu sendok teh madu. Lalu, panaskan oven hingga 200 derajat Fahrenheit atau setara 93 derajat Celcius. Kupas jeruk dan iris kulitnya menjadi potongan tipis. Panggang selama 25--30 menit hingga kulitnya sedikit mengeras dan menggulung.

Setelah itu, keluarkan loyang dari oven dan biarkan dingin sepenuhnya. Anda dapat menyimpan kulitnya dalam wadah kedap udara dan menyimpannya di tempat yang sejuk atau lemari es hingga tiga bulan. Untuk membuat teh, tambahkan sesendok kulit kering ke dalam secangkir air mendidih panas. Biarkan selama 5--10 menit dan tambahkan satu sendok teh madu sebagai pemanis. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Infografis Teh Artisan Lokal Gaet Pasar Kekinian