Sukses

6 Potensi Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Daun kelor atau juga dikenal dengan nama Moringa biasanya diolah menjadi sayur bening di sini. Meski kecil dan kelihatan remeh, banyak ahli menyebut daun kelor sebagai salah satu superfood lantaran kaya fitokimia dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. 

Kandungan utama dalam daun kelor adalah vitamin C. Tetapi, kandungan ini menghilang dalam proses pengeringan. Yang tersisa hanyalah kalsium, zat besi, vitamin A, dan tiamin.

Selain disayur, daun kelor ternyata juga bisa diseduh sebagai minuman. Caranya, daun kelor dikeringkan dan baru diseduh. Daun kelor yang kering juga bisa dibubukkan.

Teh daun kelor cukup populer di beberapa negara. Lalu, apa manfaat dari seduhan ini bagi kesehatan? Simak rangkumannya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Menyehatkan Jantung

Ekstrak kelor diyakini dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian, kelor dapat menurunkan kolestrol dan dapat mengurangi pembentukan plak pada pembuluh arteri. Proses pembentukan ini mirip dengan penggunaan obat statin, yakni obat penurun kolestrol.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang dimiliki daun kelor dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi. Nutrisi yang terkandung dalam daun kelor seperti vitamin A, C, dan zat besi.

 

 

2 dari 5 halaman

3. Mengontrol Diabetes

Teh daun kelor dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar glukosa darah. Dalam penelitian pada hewan, hasil konsumsi menunjukkan hasil positif. Namun dalam penelitian dengan manusia, hasil yang didapat kurang konsisten.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi teh daun kelorkelor dapat menurunkan kadar gula setelah makan. Cara mengonsumsi dan perbedaan olahan tanaman kelor dapat memengaruhi hasil.

4. Memperlambat Kanker

Kelor disinyalir dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas pada manusia serta dapat meningkatkan efek obat kemoterapi. Peneliti menyebutkan bahwa kelor dapat berfungsi pada percobaan hewan. Lebih lanjut, perlu adanya studi yang mendalam guna membuktikan tingkat keefektifan dan pengonsumsian kelor bagi orang yang mengidap kanker.

 

3 dari 5 halaman

5. Menjaga Kesehatan Otak

Berdasarkan penelitian pada hewan, ekstrak daun kelor berefek positif pada zat kimia yang ada pada otak. Lebih lanjut, kelor dapat diteliti sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer, penyakit otak yang dapat menyebabkan penurunan daya ingat.

6. Menjaga dari Penyakit Kronis

Daun kelor mengandung senyawa yang dapat mencegah penyakit kronis, seperti polifenol, tannin, dan saponin. Senyawa-senyawa tersebut dapat menangani masalah peradangan kronis. Selain itu, juga dapat mengatasi penyakit jantung, kerusakan pada hati, dan diabetes.

Meski diyakini banyak manfaat, konsumsi teh daun kelor memiliki efek tertentu pada manusia. Walau relatif aman, teh daun kelor bisa  berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, sehingga Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 5 halaman

Teh Artisan Lokal

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: