Sukses

Perjuangan TNI Periksa Kesehatan Warga Perbatasan Indonesia-Malaysia di Sanggau

Memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat di perbatasan Indonesia-Malaysia, maka Tenaga Kesehatan Pos Gun Tembawang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bergerak cepat

Liputan6.com, Pontianak - Siska tampak tergesa-gesa. Pandemi COVID-19 tidak membuat wanita berusia 47 ini lengah akan kesehatan. Warga perbatasan Indonesia-Malaysia di Dusun Gun Tembawang, Desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, ini baru saja mendapat informasi soal pemeriksaan gratis oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) tepatnya, tenaga kesehatan Pos Gun Tembawang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti.

“Saya bersyukur dan terima kasih atas pengobatan yang diberikan oleh Pos Gun Tembawang,” ucap Siska mengawali cerita, Kamis, 16 Desember 2021.

Dia mengingat, selama ini berobat harus menempuh perjalanan jauh puluhan kilometer. Apalagi, akses jalan yang belum memadai juga menjadi penghalang.

“Sekarang, tidak perlu jauh-jauh berobat ke Puskesmas dengan biaya yang mahal,” ucapnya. "Terima kasih Pak TNI atas kepeduliannya dalam mengobati warga. Kami di sini sungguh bangga memiliki TNI yang baik hati," lanjutnya.

Sebagai wujud nyata kepedulian memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat di perbatasan Indonesia-Malaysia, maka Tenaga Kesehatan Pos Gun Tembawang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bergerak cepat. Caranya adalah melakukan patroli pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sana.

“Patroli pelayanan kesehatan diberikan oleh personel Pos Gun Tembawang merupakan bentuk rasa kasih sayang dan kepedulian kepada masyarakat perbatasan yang membutuhkan pertolongan kesehatan dihadapkan dengan pandemi COVID-19 yang mengharuskan warga mengurangi aktivitasnya di luar rumah,” kata Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti, Letnan Kolonel Infanteri Hendro Wicaksono.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengecekan Kesehatan dari Rumah ke Rumah

Dia bilang, patroli kesehatan ini dilakukan dalam bentuk pengobatan dari rumah ke rumah terhadap warga dengan mendengar keluhan kesehatan dan mengobati warga di rumahnya masing-masing. Hal ini juga membantu, dikarenakan letak Puskesmas yang sangat jauh dan tidak adanya tenaga kesehatan di wilayah tersebut.

“Kami akan selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat sekitar perbatasan Indonesia-Malaysia demi menjamin kesehatan baik jasmani dan rohani sehingga tercipta masyarakat perbatasan yang sehat dan kuat,” kata dia.

Selain itu, dia bilang melalui kegiatan seperti ini ingin menciptakan hubungan kekeluargaan yang semakin harmonis antara TNI dengan rakyat.

Komadan Pos (Danpos) Gun Tembawang Letnan Dua Infanteri Warsito mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian anggota Pos Gun Tembawang Satgas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti kepada rakyat yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia dengan cara pengecekan kesehatan dari rumah ke rumah.

“Selain memberikan pengobatan rumah ke rumah kami juga memberikan penekanan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah tertularnya virus COVID-19,” kata Letnan Dua Infanteri Warsito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.