Sukses

Berkah Tersembunyi Pengembangan Wisata Alam Cirorek dalam Kejurnas Balap Sepeda ICF

Liputan6.com, Garut - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda ICF National Championship 2021, menjadi berkah tersembunyi dalam perkembangan kawasan wisata alam Cirorek, di kecamatan Cilawu, Garut, Jawa Barat.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, ditunjuknya kawasan wisata alam Cirorek sebagai tempat mempertandingkan salah satu kelas MTB di Lamping Cirorek Bike (LCB) Land dalam kejurnas balap sepeda kali ini, diharapkan mampu menggairahkan kawasan wisata Cirorek sebagai wisata baru di Garut.

“Ini akan menjadi bagian even-even nasional lainnya, bukan hanya sepeda saja nanti apapunlah nanti di sini bisa dilakukan,” ujarnya selepas mengecek kesiapan kawasan itu sebagai salah satu view kejurnas, Sabtu (23/10/2021).

Menurutnya, kawasan Cicorek milik Perum Perhutani memiliki potensi alam yang cukup mumpuni sebagai kawasan baru wisata alam di Garut. Selain asri dengan sejumlah view pemandangan alamnya, jaraknya yang relatif dekat dari pusat memudahan para pengunjung yang datang.

Bahkan kehadiran Lamping Cirorek Bike (LCB) Land yang ditujukan bagi gowes manis, bisa menjadi arena menantang nan menggairkan dalam memajukan Sport Tourism (Wisata Olahraga) di Garut.

Walhasil dijadikannya Garut sebagai tuan rumah Kejurnas Balap Sepeda ini, diharapkan menjadi pemantik geliat potensi wisata di Garut dalam menyelenggarakan event bergengsi lainnya.

“Garut ini sekarang kita lagi pandemi tapi kita mendapatkan kehormatan menyelenggarakan (even kejurnas),” ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Dukungan All out Panitia

Untuk menyukseskan kejurnas balap sepeda kali ini, lembaganya bersama TNI-Polri siap memberikan dukungan secara penuh, termasuk kesiapan lokasi dan rute yang akan digunakan.

“Kita allout lah dari acara pembukaan tadi ya, sampai nanti acara penutupan mudah-mudahan ini lancar,” kata dia.

Dengan upaya itu, kehadiran ribuan pengunjung dan peserta serta official yang datang ke kota Intan Garut, merasa betah dan ketagihan untuk kembali berkunjung ke bumi Pangirutan kota dodol Garut.

“Selamat datang di Garut, sportivitas meningkatkan kualitas atau pun prestasi lebih baik lagi, dan segera kembali ke Garut, Garut harus berkesan di hati mereka, karena (mereka akan) pulang ke 23 provinsi,” pinta Rudy.

Feri Yudoyono, salah satu atlet profesional peraih medali emas untuk kategori MTB, mengaku terkesan kondisi alam Garut serta penerimaan yang ramah masyarakat sekitar, selama persiapan latihan berlangsung.

“Alamnya juga enak ya soalnya kan dingin, semoga bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar atlet nasional dari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tersebut.

Seperti diketahui, pesona wisata alam Cirorek Garut memang tengah naik daun. Meskipun terbilang baru, namun kilaunya sudah mampu menarik kehadiran pengunjung yang cukup signifikan setiap pekannya.

Memiliki panorama alam yang masih asri nan indah dengan mayoritas pohon pinusnya, suasana wisata Cirorek memang menjanjikan. Selain suhunya yang terbilang dingin, keramahan masyarakat sekitar, membuat siapapun pengunjung yang datang tertarik untuk menikmati keindahan alam di sana.