Sukses

Pergi Menombak Ikan, Wisatawan Asal Australia Raib di Perairan Mentawai

Stephen diketahui hilang saat pergi menombak ikan.

Liputan6.com, Mentawai - Seorang wisatawan asal Australia bernama Shaun Stephen Daly hilang di perairan Pantai Katiet Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Informasi yang dihimpun, pria berusia 27 tahun tersebut pada Sabtu (28/8/2021) siang berangkat dari penginapan ke pantai untuk menombak ikan tanpa membawa perlengkapan seperti pelampung.

Namun, hingga sore Stephen tak kunjung kembali ke penginapan. Kemudian pihak penginapan melakukan pencarian hingga pukul 19.00 WIB dan tak menemukan keberadaan korban.

Kalaksa Basarnas Mentawai, Akmal mengatakan pihak penginapan kemudian Sabtu (28/8/2021) malam melaporkan terkait tamu mereka yang hilang di laut saat menombak ikan.

"Tim melakukan pencarian mulai pagi tadi," katanya kepada Liputan6.com, Minggu (29/8/2021).

Untuk menemukan wisatawan tersebut, pihaknya menggunakan beberapa metode, yakni melakukan penyisiran jalan darat di sekitar kawasan penginapan hingga pantai sekitar tiga kilo meter.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian

Kemudian di lokasi menombak juga dilakukan pencarian, namun korban tak ditemukan di lokasi tersebut. Selanjutnya pencarian dilakukan via udara.

"Pihak keluarga dari korban yang sebelumnya sudah menghubungi kami dan mereka menyewa Susi Air untuk memantau dari udara," jelas Akmal.

Tim SAR kemudian menyisir perairan di Sipora Selatan,  dan pencarian di bawah laut juga dilakukan di lokasi diketahui hilangnya Stephen.

"Hasilnya masih nihil, pencairan dilanjutkan besok," ujar Akmal.

Ia menyebut saat ini tim standby di Katiet dan kapal KN SAR Ramawijaya 240 yang digunakan untuk mencari korban bersandar di Sioban.

Untuk kondisi cuaca saat pencarian, lanjutnya cerah berawan, angin berembus dengan kecepatan 2-8 knots per jam, dan gelombang 0,5 hingga 1,25 meter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.