Sukses

Mengintip Kesiapan Kendari Jadi Tuan Rumah Munas Kadin VIII

Liputan6.com, Kendari - Ketua Kamar Dagang dan Industri Kadin Sulawesi Tenggara Anton Timbang memastikan, pihaknya mantap menuju Musyawarah Nasional Kadin VIII Tahun 2021 di Kota Kendari. Dia menyatakan, rencana ini sudah diusulkan kepada Ketua Kadin Indonesia Rosan P Roeslani sejak Meret 2021, saat bersilaturahmi ke Kota Kendari bersama 9 wakil Ketua Kadin Indonesia.

Saat itu, Rosan menyampaikan, Nusa Tenggara Barat sempat diusulkan menjadi lokasi munas. Namun, setelah melihat kesiapan dan rendahnya angka penularan Covid-19 di Kendari, Sulawesi Tenggara dinilai tepat menjadi lokasi penyelenggaraan.

Anton Timbang menegaskan, terlepas dari pilihan Sultra mendukung salah satu calon Ketua Kadin, dia menyatakan tidak akan membedakan perhatian kepada peserta. Sebagai panitia, dia memastikan Kadin Sulawesi Tenggara wajb bersikap adil dan netral.

"Terkait hotel, kami sudah booking kamar Hotel Claro untuk lokasi menginap tamu undangan, itu untuk sekitar 130-150 orang peserta resmi dan tamu undangan dari luar daerah," kata Anton Timbang,

Dia meyakinkan, Kendari menjadi lokasi munas karena permintaan pihaknya dan bukan asal tunjuk. Dia menyebut, momentum ini menjadi salah satu peluang industri menengah dan UMKM Sultra bisa dikenal hingga skala nasional.

"Saya sudah berbicara ke gubernur juga, kalau peserta sisa angkat koper saja dan datang ke Kota Kendari. Kami menjamin pelaksanaan Munas Kadin 2021," tambah Anton Timbang.

Soal transportasi, panitia lokal juga menyampaikan, sudah ada 300 lebih mobil mewah untuk peserta. Jumlah tersebut sudah dipesan khusus panitia untuk menyukseskan Munas.

Panitia Lokal Munas Ke VIII Kadin Indonesia, Koordinator Bidang Perlengkapan dan Transportasi Muhammad Alif Annur Rahim menyatakan, selain transportasi, pihaknya menjalin komunikasi dengan depot TBBM Pertamina Kota Kendari.

Dia menegaskan, Ketua Kadin Sulawesi Tenggara juga bisa bertanggung jawab dan sudah berusaha menggeber persiapan sejak awa. Menurut La Ode Rahmat, Anton Timbang sudah maksimal melibatkan semua pihak terkait terkait suksesnya Munas.

 

2 dari 3 halaman

Persiapan 80 Persen

Persiapan menuju munas yang bakal berjalan sekitar 2 minggu ke depan, sudah mencapai 80 persen. Panitia, sudah menyiapkan sejumlah akomodasi bagi peserta dari 33 provinsi.

Ketua panitia lokal munas, Suwandi Andi mengatakan kesiapan hotel sudah oke. Dia juga memastikan, komunikasi dengan stakeholder sudah selesai dilakukan, termasuk dengan Forkompinda.

"Kami sudah berkomunikasi dengan jajaran Pemprov, kepolisian, serta Forkompinda. Dari segi akomodasi, transportasi, keamanan dan hal-hal teknis lain, Kadin Sulawesi Tenggara siap," ujarnya.

Koordinator Media Center Munas Kadin, La Ode Rahmat Apiti menambahkan, saat ini panitia sudah bekerja maksimal 24 jam. 

"Awalnya, kami meminimalisir pertemuan langsung untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini, kami bekerja lebih maksimal sehingga kami selalu memantau kesiapan semua panitia yang ikut ambil bagian dalam momen ini," katanya.

Dia juga menjamin, saat acara nantinya, ada lokasi khusus rapid test antigen Covid-19 bagi peserta dan tamu undangan. Panitia sudah memetakan lokasi sekitar Hotel Claro dan Masjid Al Alam Kendari sehingga memudahkan akses bagi peserta.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: