Sukses

Teror Beruang di Kebun Durian Bikin Warga Limapuluh Kota Ketar-Ketir

Beruang ini sudah tertangkap namun lepas kembali.

Liputan6.com, Limapuluh Kota - Beberapa hari terakhir, seekor satwa langka jenis beruang masuk ke kawasan kebun durian di Ketinggian Nagari Sarilamak Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Beruang tersebut menjatuhkan buah durian muda milik warga di lokasi itu. Warga juga sempat melihat beruang tersebut beberapa kali.

"Beruang juga mengganggu masyarakat, lokasinya dekat dengan perbukitan," kata Kepala BKSDA Resort Limapuluh Kota Martias, Minggu (25/4/2021).

Dari laporan yang diterimanya, beruang sudah memasuki perkampungan itu seminggu terakhir. Pihaknya juga telah melakukan pengusiran.

Namun, lanjutnya setelah pengusiran dilakukan, beruang tetap kembali masuk ke perkampungan dan masyarakat setempat merasa terganggu.

Oleh sebab itu, BKSDA Limapuluh Kota memasang perangkap dengan umpan buah durian. Pada malam ketiga satwa dilindungi itu masuk dalam perangkap.

Akan tetapi, pintu perangkap dapat dibuka oleh beruang dan akhirnya beruang bisa ke luar dari perangkap.

"Iya lepas karena perangkap tidak ada pengait atau pengunci," jelas Martias.

Saat ini pengait sudah dipasang diperangkap tersebut, jika tertangkap lagi maka beruang tak akan bisa ke luar.

"Rencananya perangkap akan dipasang hingga dua hari ke depan pascalepasnya beruang," ia mengungkapkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.