Sukses

Kolaborasi 3 Menteri Kembangkan Kawasan Borobudur

Liputan6.com, Jakarta Tiga menteri, yaikni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Mendikbud Nadiem Makarim dan Menteri BUMN Erick Thohir berkolaborasi untuk mengembangkan kawasan Candi Borobudur.

Sandiaga mengatakan konsep wisata baru yang mengoptimalkan cagar budaya akan diterapkan di kawasan Candi Borobudur. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menjadi motor utama dalam program baru ini.

"Kita baru koordinasi bersama membicarakan, pertama kawasan Borobudur, kita sudah sepakat untuk pariwisata berbasis pelestarian cagar budaya. Nanti akan di-lead untuk zona satunya sama mas Menteri Nadiem," kata Sandiaga, Rabu (3/3/2021).

Sandiaga juga meminta Kementerian BUMN untuk ikut membantu terlaksananya kegiatan yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Efeknya adalah membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya di sektor ini.

"Mas Erick akan men-support dengan kegiatan yang akan berdampak pada ekonomi rakyat, membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kata Sandiaga.

2 dari 3 halaman

Wisata Super Prioritas

Tak hanya membahas pengembangan kawasan Candi Borobudur, Sandiaga bersama dua menteri Jokowi lainnya juga membahas tentang dua destinasi wisata super prioritas. Kebangkitan ekonomi pasca pandemi tetap menjadi fokus pembicaraan.

"Dan juga kita membahas bagaimana mengangkat dua lokasi pariwisata lainnya, Raja Ampat dan Labuan Bajo untuk bisa memberikan dampak kepada masyarakat secara luas untuk membangkitkan ekonomi pasca pandemi," kata Sandiaga.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: