Sukses

Tim SAR Gabungan Temukan 1 Korban Longsor di Lembang

Liputan6.com, Bandung - Tim SAR gabungan menemukan jasad Dedi Rohendi (43), korban yang tertimbun material longsor di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dedi ditemukan dalam kondisi tak bernyawa sekitar pukul 18.39 WIB.

Menurut Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono, korban ditemukan tim di kedalaman material longsor sekitar satu meter.

"Pukul 17.00 WIB korban dievakuasi oleh tim SAR gabungan ke rumah duka. Dengan telah ditemukannya korban maka dilakukan penutupan operasi SAR, seluruh unsur SAR yang terlibat kembali ke satuannya masing-masing," tutur Supriono, Jumat (25/12/2020).

Supriono menerangkan, sebelumnya tim SAR gabungan telah melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian dengan dibantu oleh K9 Potensi Baguna hingga membuahkan hasil pada pukul 17.00 WIB. Walaupun sempat terhambat hujan yang mengguyur lokasi kejadian longsor sekitar pukul 14.20 WIB.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, jenazah Dedi ditemukan petugas gabungan di bagian tengah rumah yang bangunannya sudah rata dengan tanah.

Adapun proses pencarian sendiri dilakukan secara manual seperti menggunakan cangkul dan linggis serta air yang menyemprot gundukan tanah.

"Jadi proses pencarian secara manual, karena tidak bisa diakses kendaraan berat," kata Duddy.

Duddy mengatakan, hambatan dalam proses evakuasi dikarenakan hujan yang terus mengguyur sehingga memunculkan potensi longsor susulan. Ditambah ketebalan tanah material longsor yang mencapai dua meter.

Dedi sendiri merupakan Ketua RT setempat meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Ketiganya juga menjadi korban longsor tersebut dan sempat terjebak di dalam rumah yang ambruk meski ketiganya berhasil diselamatkan.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini