Sukses

Libur Panjang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Jalur Wisata Bandung

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung sebagai kota wisata kerap menjadi tujuan wisata saat libur panjang, tak terkecuali akhir pekan ini. Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di momen libur panjang tersebut.

Seperti diketahui, mulai 28 hingga 30 Oktober merupakan cuti bersama yang akan dilanjutkan dengan libur akhir pekan.

Kepala Satlantas Polrestabes Bandung Komisaris M. Rano Hadiyanto mengatakan bahwa untuk rekayasa jalan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Cimahi. Hal ini terkait arus kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang.

"Pada saat ada kepadatan misalnya ke arah Lembang, kami akan komunikasi dengan Polres Cimahi. Apabila Polres Cimahi akan melaksanakan CB (cara bertindak) one way, kita akan mendukung di daerah perbatasan di Ledeng," ucap Rano di Bandung, Senin (26/10/2020).

Rano menjelaskan, sistem buka tutup jalur dilakukan situasional. Pemberlakuan buka tutup akan mempertimbangkan kondisi arus lalu lintas jika mendesak.

"Kalau one way tidak dilakukan sedangkan sudah terjadi kepadatan stuck mengarahkan ke Setiabudi yang dari arah bawah kita belokkan ke kiri ke Sersan Bajuri," ujarnya.

Rano menuturkan, pihaknya menyiagakan 200 personel diterjunkan untuk pengamanan libur panjang akhir pekan kali ini. Petugas yang diterjunkan akan ditempatkan di lokasi menuju tempat wisata Bandung.

"Misalnya, di sepanjang jalur Setiabudi, Sukajadi menuju Lembang, kemudian ke arah Dago kemudian di tempat pertokoan yang ada di sepanjang Jalan LLRE Martadinata atau riau," paparnya.

Selain mengawal jalur-jalur wisata, Satlantas dan jajaran Polsek pun akan melakukan pengaturan arus lalu lintas di sejumlah gerbang Tol.

"Total jumlah personel yang disiapkan untuk long weekend sebanyak 200 personel," ucap Rano.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini