Sukses

Polisi Tangkap Wanita Makassar yang Kalap dan Hendak Robek Al-Qur'an

Hingga kini polisi masih memeriksa wanita itu, termasuk kejiwaannya.

Liputan6.com, Makassar - Satuan Reserse Kriminal Polres Pelabuhan Makassar bergerak cepat untuk menangkap wanita yang videonya viral lantaran mengaku Yahudi lalu membanting dan hendak merobek Al-Qur'an di Kota Makassar.

"Sudah diamankan di kantor (Polres Pelabuhan)," kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, AKP Theodorus Echeal, saat dikonfirmasi Kamis (9/7/2020) malam.

Theodorus menyebutkan bahwa wanita berusia 40 tahun itu berinisial IN. Wanita yang bekerja sebagai konsultan properti itu merupakan warga yang tinggal di Jalan Kodingareng, Kelurahan Mampu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

Aparat Kepolisian saat ini masih mendalami motif wanita itu mengamuk lalu mengaku Yahudi dan melempar Al-Qur'an serta hendak merobeknya.

"Masih kita interogasi, belum kita ketahui motifnya. Yang jelas kita akan periksa kejiwaannya juga," ucap Theodorus.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, kediaman wanita itu sempat digeruduk warga pada Kamis (9/7/2020) siang. Warga mempertanyakan alasan wanita itu mengaku Yahudi dan melempar Al-Qur'an serta hendak merobeknya.

Selain itu, pada Kamis (9/7/2020) malam, massa Front Pembela Islam (FPI) mendatangi Polres Pelabuhan, mereka meminta aparat kepolisian segera menindak tegas wanita yang videonya viral saat hendak merobek Al-Qur'an itu.

Massa FPI kemudian membubarkan diri usai diberikan penjelasan oleh Kapolres Pelabuhan, AKBP Kadarislam. Kadarislam meminta massa FPI tenang dan mempercayakan kasus itu kepada pihak kepolisian.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Wanita Makassar Mengaku Yahudi dan Ancam Robek Al-Qur'an

Sebuah video berdurasi 1 menit 18 detik viral di media sosial pada Kamis (9/7/2020).  Video itu mempertontonkan seorang perempuan yang sedang mencak-mencak kepada kerumunan pria sambil membanting dan mengancam hendak merobek Al-Qur'an.

Belakangan kejadian itu diketahui terjadi di Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Saat itu, wanita yang belum diketahui identitasnya tersebut mendatangi kerumunan pria lalu mengamuk.

Videonya yang viral itu diketahui diunggah pertama kali oleh pengguna Facebook bernama Johandi Akbar. Pantauan Liputan6.com, video tersebut telah ditonton lebih dari 57 ribu kali dan dibagikan lebih dari 2 ribu kali.

"Apa maksudmu ngomong begitu?," ucap wanita itu lalu membanting Al-Qur'an di hadapan kerumunan pria yang sedang nongkrong.

Sejumlah pria yang sedang nongkrong di situ pun berusaha menenangkan wanita tersebut. Namun wanita itu tetap melanjutkan amukannya dan semakin menjadi-jadi.

"We jangan-ko begitu, berdosa-ko," kata sejumlah pria kepada wanita tersebut.

Wanita itu lalu kembali memungut Al-Qur'an yang ia lempar tadi dan mengancam akan merobek Al-Qur'an yang dibawanya. Tidak hanya itu, ia bahkan mengakui dirinya bahwa ia Yahudi.

"Saya tidak takut dosa, saya Yahudi. Mau-ko saya robekkan? Saya tidak pakai dosa-dosaan," sambung wanita itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.