Sukses

Hilal di Jayapura Terlihat pada Cuaca Mendung

Pemantauan hilal dilakukan di Pantai Holtekam Jayapura.

Liputan6.com, Jayapura - Kementerian Agama Kantor wilayah Papua melakukan rukyat hilal di Pantai Holtekamp PLTU Jayapura dan hilal terpantau pada 2 derajat 41 menit.

Wakil Ketua Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Provinsi Papua, Husnul Yaqin menuturkan hilal terlihat pada cuaca mendung, namun tampak jelas.

Hilal terlihat pada 2 derajat 41 menit dan ini bisa menjadi awal ramadan 1 Syawal 1441 Hijriyah,” jelasnya, Kamis (23/4/2020).

Walau begitu, keputusan selanjutnya untuk sidang isbat masih menunggu dari Kementerian Agama dari Jakarta.

“Untuk seluruh masyarakat muslim di Papua, tetap harus menunggu keputusan resmi dari pemerintah. Jika nantinya pemerintah pusat menyebutkan isbat tidak terlihat, bisa saja puasa akan dilakukan lusa,” katanya.

Namun, jika hilal terlihat pada sejumlah wilayah di Indonesia, maka penetapan puasa kemungkin akan dilakukan esok hari, Jumat 23 April 2020.

Pemantauan hilal di tengah pandemi corona di Papua, tetap dilakukan dengan menaati aturan pemerintah dalam pencegahan Covid-19, misalnya petugas tetap menggunakan masker, sarung tangan hingga menjaga jarak dalam melihat hilal.

Simak video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.