Sukses

Begini Prosedur Mitra Gojek Menyalurkan Bansos bagi Warga Jabar

PT Pos Indonesia yang telah menggandeng operator ojek daring, Gojek,untuk  menyalurkan bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di Jawa Barat yang terdampak virus Corona (Covid-19).

Liputan6.com, Bandung PT Pos Indonesia menggandeng operator ojek daring, Gojek untuk  menyalurkan bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di Jawa Barat yang terdampak virus Corona (Covid-19). Kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Gojek untuk selalu menjadi garda terdepan dalam memperkuat penanganan Covid-19 di Indonesia. 

Adapun bansos yang didistribusikan tersebut berupa bantuan nontunai dalam bentuk sembilan bahan pokok senilai Rp350 ribu dan uang tunai sebesar Rp150 ribu.

“Sebuah kehormatan bagi kami dan para mitra driver Gojek untuk turut ambil bagian dalam upaya membantu masyarakat mendapatkan Bantuan Langsung baik tunai maupun nontunai dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata Vice President Regional Gojek, Region Jabar Banten, Becquini Akbar, Senin (20/4/2020).

Selama proses penyaluran, kata Becquini, para mitra Gojek beroperasi dengan standar protokol kesehatan yang diterapkan dalam layanan pengiriman barang.

Mereka wajib menggunakan masker dan melengkapi diri dengan hand sanitizer, melakukan physical distancing, dan secara berkala melakukan proses desinfektan pada kendaraan mitra kami.

"Bagi kami dan para mitra driver, tugas ini adalah amanah yang harus dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, bansos dari Provinsi Jabar ini berasal dari APBD Jabar dan merupakan penyaluran  pintu ketujuh dari sembilan pintu penyaluran di Jawa Barat. Emil menjelaskan, KRTS yang terdampak secara ekonomi sebagai akibat pandemi Covid-19 saat ini sangat membutuhkan bantuan dari Pemprov Jabar.

"Oleh karena itu kami melibatkan banyak pihak untuk membantu percepatan penyaluran, salah satunya dengan melibatkan mitra driver Gojek yang sudah sangat handal dalam pengiriman barang,” kata Emil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajib Foto

Kepala Regional 5 Jawa Barat-Banten PT Pos Indonesia Helly Siti Halimah menyatakan, sebagai Badan Usaha Milik Negara yang mengemban tugas mendistribusikan dan menyalurkan bansos Pemprov Jabar untuk keluarga yang terdampak Covid-19, pihaknya memberikan apresiasi kepada Gojek dan para mitranya atas kolaborasi yang sangat baik.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat mendukung tujuan pemerintah untuk semakin banyak membantu mendistribusikan bantuan kepada keluarga rentan terdampak pandemi Covid-19," ujar Helly.

Mitra driver GoRide dan GoCar sendiri telah mulai mendistribusikan ratusan ribu paket bantuan untuk warga Jawa Barat. Pada tahap awal yang dimulai sejak 15 April 2020, penyaluran bantuan telah dan masih dilakukan di Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota Depok.

Distribusi selanjutnya yaitu pada 18 April 2020 di Kota dan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Para mitra Gojek memberikan laporan berupa foto penerima beserta kirimannya, foto KTP Penerima, tanda tangan penerima dan kelengkapan tanda tangan pada Daftar Nominatif untuk setiap paket yang diterima KRTS sesuai dengan instruksi PT Pos Indonesia selaku pelaksana tugas penyaluran bantuan.

Dalam pengiriman paket sembako, Gojek memastikan paket yang diterima oleh keluarga penerima dalam keadaan baik sesuai kondisi awal diterima dari PT Pos Indonesia. Selain itu, mitra mengenakan seragam lengkap beserta identitas dan memenuhi syarat-syarat perlindungan diri sesuai standar keamanan kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.