Sukses

Ganggu Pemakaman Jenazah di Palu, Siap-Siap Hadapi Dalmas

Pengendalian Massa (Dalmas) menjadi ujung tombak antisipasi penolakan jenazah saat pandemi corona covid-19.

Liputan6.com, Palu - Personel Polres Palu Pada Selasa pagi (14/4/2020) mengikuti latihan Pengendalian Massa (Dalmas) sebagai antisipasi gangguan keamanan, terutama jika terjadi penolakan dan penghalangan pemakaman jenazah PDP, suspect, maupun Positif Covid-19 di Kota Palu.

Apel kesiapan dan latihan personel Polres Palu itu difokuskan untuk melaksanakan latihan mengantisipasi perkembangan Kamtibmas, sehubungan dengan wabah Virus Corona untuk menghadapi massa baik dari pihak keluarga maupun dari masyarakat yang menolak pemakaman jenazah oleh tim medis sesuai prosedur penanganan Covid-19.

Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh melalui Kabag Ops AKP Awaludin Rahman menyatakan latihan Dalmas itu dilaksanakan agar seluruh personel selalu siap diturunkan sesuai dengan perkembangan situasi dan kebutuhan meski sejauh ini belum ada situasi darurat semacam itu.

"Tujuannya apabila diperlukan untuk digerakkan atau diminta untuk membantu kesatuan lain yang memerlukan, anggota selalu siap," ujar AKP Awaludin, Selasa (14/4/2020).

Selain pemantapan personel Dalmas untuk antisipasi penolakan pemakaman jenazah, Polres Palu, sambung Awaludin juga tetap memberikan imbauan ke masyarakat agar taat pada semua anjuran pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus tersebut, termasuk dengan patroli ke tempat-tempat publik dan keramaian.

"Kami tetap waspada dan mengimbau kepada masyarakat membersihkan lingkungan maupun kebersihan diri , dilarang kumpul kumpul , gunakan masker, menjaga jaga jarak fisik, termasuk menyampaikan maklumat Kapolri di tempat-tempat keramaian,” tambahnya.

Soal keamanan lingkungan, Polres Palu juga meminta masyarakat menjaga situasi kondusif di masa pandemi Covid-19 secara bersama-sama.

"Kota Palu milik bersama, maka keamanan dan ketertiban tanggung jawab bersama," AKP Awaludin menekankan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.