Sukses

Kisah Nestapa Bocah Aina, Idap Kanker Kulit hingga Alami Kebutaan

Aina Talita Zahran (3) mengidap kanker kulit hingga mata kirinya keluar benjolan sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Liputan6.com, Padang - Adi Syahputra (33) tidak menyangka, kanker kulit stadium lanjut bersarang di tubuh anaknya, Aina Talita Zahran (3). Bahkan kanker kulit itu tumbuh sebesar kepalan tangan orang dewasa pada bagian matanya.

Benjolan yang rentan mengeluarkan darah itu tumbuh dan terus membesar beberapa bulan terakhir di mata kiri Aina. Matanya saat ini sudah tak bisa melihat alias buta lantaran tertutup kanker kulit yang ia derita.

Kini, Aina hanya bisa terbaring lemas dan mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Kota Padang, Sumatera Barat. Ia dirawat sejak Sabtu (30/11/2019) setelah sebelumnya berbulan-bulan melakukan rawat jalan dan bolak-balik dari kediamannya di Kabupaten Padangpariaman.

Dalam waktu dekat, putri sulung pasangan Adi Syahputra dan Zetris Melinda itu akan menjalani operasi. Tim dokter RSUP M Djamil Padang bahkan sudah terbentuk.

"Ketika kondisi Aina memungkinkan, kami langsung ambil tindakan operasi," kata Ketua Tim Dokter yang menangani penyakit Aina, dr. Daan Kamri Sp.B (K) Onk di Padang ditemui Liputan6.com, Senin (2/12/2019)

Untuk proses penyembuhan Aina, tim dokter memperkirakan butuh waktu yang cukup panjang karena operasi pengangkatan kanker dilakukan beberapa kali hingga benar-benar bersih.

"Kemungkinan besar, Aina akan kehilangan matanya sebelah kiri," kata dokter.

Seluruh biaya pengobatan Aina ditanggung oleh JKN-KIS BPJS Kesehatan. Namun sebagai tulang punggung keluarga, Adi Syahputra meninggalkan istri dan dua anak lainnya di Kabupaten Padangpariaman selama mendampingi anaknya di Padang.

"Istri saya di rumah karena dua adik Aina membutuhkan ibunya dan saya di sini sendiri," ujarnya.

Adi Syahputra sehari-hari bekerja sebagai guru honorer di salah satu sekolah dasar di daerah asalnya, selama mendampingi Aina di rumah sakit, otomatis ia tidak bisa masuk bekerja.

Bagi siapa saja yang ingin meringankan beban orangtua Aina, bisa mengirimkan donasi ke rekening 5487-01-0016-5353-4 Bank BRI atas nama Adi Syahputra.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.