Sukses

Terbang dari Riau, Helikopter BNPB Padamkan Sisa Bara di Kawah Putih Ciwidey

Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang membawa air akan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan di kawasan wisata Kawah Putih.

Liputan6.com, Bandung - Helikopter milik Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) yang membawa air akan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan di kawasan wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Rabu (9/10/2019). Helikopter tersebut direncanakan tiba sore nanti.

"Sore ini kita lagi menunggu helikopter dari BNPB yang didatangkan dari Pekanbaru, Riau," ujar Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu.

Helikopter pembawa air tersebut rencananya akan mendarat di Bandung sekitar pukul 16.00 WIB. "Info sementara mereka sedang dalam perjalanan dari Riau," kata Budi.

Penyiraman air menggunakan helikopter BNPB dilakukan untuk memadamkan sisa bara api di lokasi kebakaran. Hal itu dikarenakan kondisi titik api sulit dijangkau.

Adapun kondisi kebakaran di objek wisata Kawah Putih saat ini, kata Budi, masih dalam tahap pendinginan oleh tim gabungan.

"Masih dalam penanganan Diskar Kabupaten Bandung secara manual. Titik api masih ada sebagian," katanya.

Seperti diketahui, kebakaran lahan terjadi di kawasan wisata Kawah Putih pada Senin (7/10/2019). Dampaknya, beberapa jenis tanaman turut terbakar seperti pohon Cantigi, pakis dan alang-alang.

Pusdalops PB BPBD Jawa Barat menyebutkan, luasan lahan yang terbakar pada Selasa (8/10/2019) sampai dengan pukul 11.00 WIB, mencapai sekitar 20 hektare.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.