Sukses

Strategi Diskar Atasi Kebakaran Kawah Putih Ciwidey

Liputan6.com, Bandung Kebakaran lahan masih terjadi di kawasan wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pihak Dinas Kebakaran (Diskar) dibantu berbagai unsur dan masyarakat masih berupaya mengatasi kebakaran itu sampai hari ini.

Diskar Kabupaten Bandung telah menurunkan petugasnya langsung ke lapangan. Sampai saat ini mereka bekerja untuk mengatasi si jago merah tersebut.

"Karhutla itu bisa dua tiga hari, bahkan seminggu, beda dengan kebakaran rumah toko atau yang lainnya karena sudah bisa segera dipadamkan dan pendinginan baru kita lakukan investigasi," kata Kepala Seksi Pemadaman dan Investigasi Dinas Damkar Kabupaten Bandung M Saepuloh, Selasa (8/10/2019).

Saepuloh mengungkapkan, saat ini petugas masih di lapangan untuk memadamkan kobaran api. Selain itu, berbagai instansi terkait juga masih mengadakan rapat koordinasi berkali-kali.

Diskar, lanjut Saepuloh, juga sudah menghadap kepada Bupati Bandung Dadang Naser untuk meminta arahan dalam penanganan skala besar.

"Karena saat ini skalanya sudah tidak bisa lagi sama dua atau tiga unit dan 10 pun tidak akan mati. Medannya tinggi, kecuraman 60 derajat, sehingga personil kita kesulitan masuk ke area terbakar," ucapnya.

Dia juga menyebutkan pihak Diskar sudah mendapatkan arahan bupati untuk mengajukan permohonan ke BNPB untuk meminjam pesawat bom air. Menurut Saepuloh, saat ini belum melakukan evakuasi warga. Karena api masih cukup jauh dari pemukiman.

"Kalau Kawah Putih itu kan jauh dengan pemukiman warga, masih kurang lebih 5 kilometer. Masih aman," ujarnya.

Selain itu, Saepuloh mengatakan kebakaran juga masih cukup jauh dari tempat wisata.

"Saya sudah berkoordinasi dengan pengelola, kebakarannya belum mendekati wilayah wisata karena api berhasil dipadamkan dulu," ujarnya.

Seperti diketahui, kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi pada Senin, 7 Oktober 2019, pada pukul 14.00 WIB. BPBD Provinsi Jawa Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk melakukan assessment ke lokasi kejadian.

Data dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar menyebutkan, kebakaran lahan di kawasan wisata Kawah Putih tersebut menyebabkan tanaman dan pohon hangus terbakar. Tanaman tersebut misalnya pohon cantigi dan pakis andam alang-alang.

"Dampak dari kebakaran di Kawah Putih Ciwidey, lahan terbakar sekitar 15 Hektar," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu.

Simak video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Permintaan dan Harapan Gubernur Emil kepada Presiden Jokowi
Artikel Selanjutnya
Mengulas Perkembangan ICT di Jawa Barat dan Pesan untuk Mahasiswa