Sukses

Hujan Lebat di Kalbar, Kabut Asap Masih Betah

Liputan6.com, Pontianak - Hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah di Kalimantan Barat sejak Selasa (13/8/2019) sore. Hujan ini menumbuhkan harapan kabut asap akan segera pergi atau setidaknya berkurang.

Namun nyatanya kabut asap masih betah bertahan di Kalimantan Barat. Sutikno, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Supadio Pontianak, mengatakan bahwa hujan yang turun masuk kategori lebat.

"Intensitasnya termasuk lebat namun berdurasi singkat. Disertai angin kencang berdurasi singkat. Berdasarkan laporan, juga terjadi angin puting beliung di wilayah Sungai Ambawang," kata Sutikno.

Ditambahkan, hujan memang baru turun di sebagian kabupaten dan kota. Yakni, Kabupaten Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, Sambas dan Kubu Raya serta Kota Pontianak.

Hujan itu diprediksi akan meluas ke wilayah Kalbar lain. Adapun intensitasnya bervariasi dari ringan hingga lebat.

"Hingga satu pekan ke depan," katanya.

Dengan mulai turunnya hujan, masih perlu diwaspadai potensi terjadinya hujan lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. Terutama pada siang hingga sore hari. Meski demikian, aktivitas pembakaran lahan dan hutan tetap tidak diijinkan karena akan memancing terjadinya kabut asap.

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Reaksi Gubernur Isran Noor, Ditunjuk Jadi Ibu Kota Baru
Artikel Selanjutnya
Kapal Sembako Tenggelam di Ketapang