Sukses

Gunung Ciremai Terbakar, Tim SAR Evakuasi Puluhan Pendaki

Liputan6.com, Kuningan - Telah terjadi kebakaran di Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Rabu (7/8/2019). Tim SAR gabungan masih berupaya mengevakuasi pendaki yang ada di gunung tertinggi se-Jawa Barat itu.

Dari informasi yang didapat, kebakaran terjadi di kawasan Gua Walet. Kawasan tersebut berada di Puncak Gunung Ciremai yang tingginya mencapai 3078 Mdpl.

Kepala BPBD Kabupaten Kuningan Agus Maulidin menyebutkan, tercatat sebanyak 61 orang pendaki di Gunung Ciremai saat kebakaran terjadi. Dari jumlah tersebut, 25 orang di jalur Apuy Majalengka, 31 orang di jalur pendakian Palutungan Kabupaten Kuningan, serta 5 orang di jalur pendakian Cibuna Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Hingga saat ini pendaki Gunung Ciremai yang sudah turun lima orang dari jalur Apuy Majalengka, tiga orang dari jalur Palutungan Kabupaten Kuningan.

"Info terbaru dari jalur Cibunar tercatat ada delapan pendaki yang sedang kami bantu proses evakuasi. Data sementara itu selanjutnya nanti akan kami kabarkan lagi," kata dia.

Menurut laporan yang diterima, kepulan asap kebakaran di Puncak Gunung Ciremai terjadi pada pukul 13.00 WIB. Kepulan asap tersebut pertama kali terlihat dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka.

Melihat peristiwa tersebut, Agus berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) dan BPBD Kabupaten Majalengka.

"Malam ini tim kembali bergerak naik untuk membantu evakuasi pendaki," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Pendakian Ditutup

Agus mengaku belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran di Puncak Gunung Ciremai itu. Tim SAR gabungan masih fokus melakukan evakuasi para pendaki yang berada di Gunung Ciremai.

Kepala Seksi Wilayah I BTNGC Kuningan Jawa Barat San Andre Jatmiko mengatakan, hingga saat ini proses evakuasi masih berlangsung. Oleh karena itu, dia memastikan jumlah pendaki yang berhasil dievakuasi terus mengalami perubahan.

"Tiap jam berubah karena tim kami juga sedang melakukan penyisiran untuk evakuasi pendaki," ujar dia.

Sementara itu, imbas dari kebakaran tersebut pendakian di Gunung Ciremai resmi ditutup. TNGC sudah mengeluarkan surat edaran resmi melalui sosial media.

Dia menyebutkan, penutupan jalur pendakian di Gunung Ciremai hingga dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Sebab, TNGC dan tim SAR gabungan masih fokus mengevakuasi pendaki.

"Belum masih tahap investigas mengenai penyebab kebakarannya karena kami sekarang prioritas tahap pemadaman dan evakuasi pendaki dulu," ujar dia.

Dia berharap para pendaki yang semula berencana mendaki Gunung Ciremai agar segera mengubah rencana. Dia juga meminta agar pendaki yang sudah melakukan pemesanan via online agar segera mengonfirmasi petugas TNGC untuk dilakukan pengembalian uang.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Keabadian Edelweis Gunung Ciremai yang Terancam Pupus Dilalap Api
Artikel Selanjutnya
5 Hal tentang Kebakaran Gunung Ciremai