Sukses

Sebagian Tol Trans Sumatera Siap Dibuka Jelang Lebaran

Liputan6.com, Palembang - Kemacetan yang terjadi jelang lebaran pada awal bulan Juni 2019 mendatang, akan diantisipasi dengan pembukaan sebagian ruas Tol Trans Sumatera. Terlebih di kawasan Sumatera Selatan (Sumsel), untuk menuju ke Jambi ataupun Lampung harus, termasuk kawasan yang kemacetan sangat parah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung mengebut megaproyek ini. Pembangunan sebagian ruas jalan tol dikebut di Pematang Panggang – Kayu Agung, tepatnya di titik tol di Desa Kijang, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tidak ada kendala dalam proyek pengerjaan jalan tol dari Lampung hingga ke Palembang. Namun memang belum bisa dioperasionalkan keseluruhannya.

“Target selesai di akhir bulan Juli 2019, tapi kami pastikan ruas tol (Pematang Panggang – Kayu Agung Palembang) untuk arus mudik dan balik lebaran, sudah bisa difungsikan,” ujarnya, saat ditulis Minggu (12/5/2019).

Untuk ruas Tol Trans Sumatera di Kayu Agung Palembang, memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyelesaiannya. PT Waskita Karya menargetkan penyelesaian pada Oktober 2019 mendatang

Berbeda dengan beberapa tol di Lampung yang dioperasionalkan, karena progresnya sudah rampung. Untuk daerah Terbanggi Besar hingga ke Pematang Panggang, akan segera fungsional.

“Ruas tol ini akan difungsionalkan pada H-7 lebaran atau pada 30 Mei nanti. Untuk ruas tol dari Terbanggi Besar, aan dibuka empat jalur dan ruas tol Kayu Agung hanya dibuka satu jalur,”katanya.

Mereka sudah ada koordinasi dengan Kakorlantas, jika terjadi kemacetan. Untuk kondisi jalan sendiri sebagian masih agregat. Dia juga mendengar ada jaminan jalan Tol Trans Sumateraini tidak berdebu," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Waktu Tempuh Singkat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, ruas jalan tol Lampung hingga ke Palembang akan dibuka lebih dari 300 kilometer. Pembukaan sebagian ruas Tol Sumatera ini, akan membantu waktu tempuh yang lebih cepat.

“Biasanya dari Lampung ke Palembang butuh waktu sekitar 12 jam, kini bisa ditempuh dengan waktu 7 jam. Jika sudah dioperasionalkan, maka bisa lebih cepat lagi yakni sekitar 4 jam saja," ungkapnya.

Ruas tol ini akan dioperasikan dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pembatasan waktu pembukaan ruas tol ini, karena sarana dan prasarana tol masih belum lengkap.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Perikesit mengatakan, pihaknya berharap agar H-10 lebaran nanti pengerjaan jalan tol Lampung-Palembang sudah selesai.

"Kita berharap agar semua masalah yang ditemukan dalam pengerjaan tol bisa diselesaikan. Contohnya pada akses gerbang keluar tol Terbanggi Besar. Kemarin itu banyak keluhan, namun sudah dibereskan," katanya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Curhat Terakhir Korban Mutilasi Musi Banyuasin Akan Sang Pacar
Artikel Selanjutnya
Modus Pelaku Mutilasi Musi Banyuasin Hilangkan Jejak Korban di Penginapan