Sukses

Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi, Kementerian PUPR Wujudkan Mimpi Jadi Kenyataan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mengoperasikan empat ruas jalan tol trans Sumatera yang memiliki panjang lebih dari 400 km pada lebaran 2019 nanti.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penyelesaian ruas-ruas tol baru di berbagai wilayah. Pembangunan jalan tol yang masif dilakukan bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah sebagai amanat Nawa Cita. Seperti penjelasan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu bahwa pembangunan jalan tol adalah untuk menurunkan biaya logistik dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

Dalam kurun waktu empat tahun (2015-2018), pemerintah telah memulai pengoperasian ruas-ruas jalan tol sepanjang 782 Km. Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Grati, Pasuruan sepanjang 913 Km. Secara keseluruhan, pada tahun 2019, ditargetkan pembangunan sepanjang 1.070 Km termasuk beberapa ruas tol Trans Sumatera sehingga total menjadi 1.852 Km.

Berikut empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang dalam waktu dekat secara bertahap siap diresmikan dan beroperasi, yakni ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) (140,93 Km), Medan – Binjai (Segmen Helvetia – Veteran), Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi Seksi 7 (9,1 Km), dan Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189,2 Km).

Infografis 4 Ruas Tol Trans Sumatera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.