Sukses

Bocah SD Serbu Markas TNI di Purbalingga, Ada Apa?

Liputan6.com, Purwokerto - Anggota TNI Purbalingga baru saja usai melaksanakan upacara hari ulang tahun atau HUT ke-73 TNI di halaman Markas Kodim 0702/Purbalingga. Mendadak, suasana berubah riuh ketika ratusan bocah-bocah kecil menyerbu halaman markas.

Wajah mereka ceria. Senada dengan warna kaus olahraga berwarna kuning merah cerah.

Kedatangan bocah-bocah dari MI Muhammadiyah Panaruban, Purbalingga ini pun menambah kegembiraan bagi ratusan anggota TNI yang tengah merayakan HUT ke-73 TNI.

Kejutan tak berhenti di situ. Tanpa disangka, satu persatu bocah ini lantas mengalungkan bunga dan mengucapkan selamat kepada para anggota TNI. Bocah-bocah ini pun serentak menyanyikan lagu ulang tahun.

Di antara bangga, terselip rasa haru. Anggota TNI merasa ada di tengah masyarakat dan menjadi bagian tak terpisahkan.

"Kami sangat terharu dan benar-benar tidak menyangka akan adanya ucapan selamat secara mendadak yang datang dari anak-anak kami siswa-siswi MI Muhammadiyah Penarubah," ucap Kepala Staf Kodim 0702/Purbalingga, Mayor Saeroji.

Ia juga mengapresiasi guru dan seluruh pelajar MI Muhamadiyah Penaruban yang telah datang memberikan ucapan tanpa direncanakan sebelumnya. Ini adalah sebentuk cinta masyarakat untuk TNI.

"Kami sangat berterima kasih kepada guru dan seluruh pelajar, semoga tali silaturahmi antara TNI dengan MI Panaruban dan masyarakat ini terus terjaga sampai kapan pun," ujar Kasdim, menjelaskan 'serbuan' bocah-bocah kecil usai HUT ke-73 TNI.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 3 halaman

Pemberian Bunga oleh Ratusan Siswa MI ke Anggota TNI

Seorang guru MI Panaruban, Nur Isnaeni mengatakan pemberian bunga dan ucapan selamat dari para siswa ini adalah bentuk simpati guru dan siswa terhadap perjuangan TNI. TNI lah benteng untuk menjaga NKRI.

"TNI juga memberikan rasa aman kepada siswa dan masyarakat," ujar salah satu guru MI Muhamadiyah Penaruban.

Melalui momentum HUT ke-73 TNI ini, guru mengajak siswa untuk mengenal lebih dekat sosok TNI. Dengan begitu, siswa tak hanya mengenal TNI dari pelajaran di kelas. Harapannya, tumbuh rasa memiliki TNI.

"Kita tidak hanya memberikan pembelajaran di kelas. Tapi langsung aksi menanamkan rasa kecintaan, dan penghormatan kepada anggota TNI," dia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan agar TNI tetap menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Menurut dia, TNI adalah milik rakyat, dan dicintai oleh rakyat.

Menanggapi itu, Mayor Inf Saeroji menegaskan akan selalu berkomitmen menjaga kedaulatan bangsa dan bersama-sama membangun Indonesia, khususnya Kabupaten Purbalingga untuk menuju Indonesia berdaulat.

Operasi senyap untuk mengejutkan TNI pada hari jadinya ini rupanya juga terjadi di Pemalang dan Kebumen, Jawa Tengah. Puluhan anggota polisi dari Polres Pemalang secara mendadak mengirimkan tumpeng.

Polres Kebumen yang dipimpin oleh Wakapolres Kebumen, Kompol Prayuda Widiatmoko mendatangi Makodim 0709 Kebumen bersama seluruh personel, sambil membawa tumpeng dan kue ulang tahun, Jumat, 5 Oktober 2018.

Kemeriahan mulai tampak ketika personel Polres Kebumen memasuki Makodim sambil membawa tumpeng nasi kuning. Suasana Kodim mendadak riuh dan meriah.

3 dari 3 halaman

Aksi Saling Menyuap TNI-Polisi

"Giat tersebut merupakan wujud soliditas Polri dan TNI, serta sebagai kado ulang tahun bagi TNI yang sedang merayakan hari ulang tahun yang ke-73," ucap Prayuda.

Riuh rendah dan kemeriahan semakin menjadi-jadi ketika Wakapolres Kebumen menyuapi Perwira Siaga Kapten Sudarto yang tengah bertugas dengan tumpeng nasi kuning. Selanjutnya, aksi saling menyuap ini diikuti para personel Polres maupun Kodim.

"Semoga POLRI TNI semakin solid dalam bertugas. Pada ulang tahun ini, kami berharap TNI semakin jaya dan semakin dicintai masyarakat," dia menambahkan.

Pada kesempatan itu, hadir pula ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kebumen Dawamudin. Ia pun didapuk untuk memimpin doa bersama.

Di Pemalang, kejutan oleh Polres Pemalang itu dikomandoi langsung oleh Wakil Kepala Polres Pemalang, Kompol Malpa Malacoppo. Tumpeng diberikan persis seusai upacara peringatan HUT ke-73 TNI di Markas Kodim 0711/Pemalang.

"Diawali dengan pemberian surprise selesai upacara HUT TNI ke-73, dilanjutkan pemberian tumpeng, tiup lilin, dan foto bersama," ucap Kepala Sub-Bagian Humas Polres Pemalang, AKP Titik Liestyowati, dalam keterangannya.

Kasdim 0711/Pemalang Mayor Haryono diberikan kepada Wakapolres Pemalang Kompol Malpa Malacoppo. Selanjutnya, polwan yang turut serta dalam rombongan memberikan bingkisan kepada Nyonya Haryono. 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading