Sukses

Sambut Hari Gajah Sedunia, 'Batman' Ikut Mandikan Gajah di Solo

Pahlawan super hero Batman ikut merayakan World Elephant Day dengan memandikan gajah di TSTJ Solo

Liputan6.com, Solo Sambut  World Elephant Day atau Hari Gajah Sedunia, pengelola Taman Satwa Taru Jurug  (TSTJ) Solo dan pengelola hotel di Solo mendatangkan tokoh superheroBatman’ untuk memandikan gajah. Selain itu, gajah milik kebun binatang Solo itu juga dimanjakan dengan diberi hadiah beraneka ragam buah yang diangkut dengan tandu.

Peringatan Hari Gajah Sedunia dilakukan dengan meriah di Solo. Para pawang tampak sibuk mengeluarkan dua dari tiga ekor gajah dari kandangnya. Dua gajah yang diberi nama Dian dan Manohara itu merupakan induk dan anak yang masing-masing berusia 40 tahun dan 9 tahun.

Setelah keluar, gajah-gajah Sumatera itu langsung dimandikan oleh sejumlah karyawan Hotel Novotel dan Ibis Solo. Kedatangan mereka untuk merayakan World Elephant Day yang dipusatkan di kandang gajah TSTJ Solo. Bahkan, peringatan Hari Gajah Sedunia itu cukup spesial karena kehadiran tokoh superhero ‘Batman’.

Karyawan hotel yang memakai kostum Batman itu juga ikut memandikan gajah. Selain memandikan, ia juga ikut membersihkan tubuh besar gajah dengan menyikatnya. Usai memandikan, Batman diajak berkeliling kandang gajah oleh sang pawang dengan naik ke atas punggung gajah.

Prosesi perayaan World Elephant Day bertambah meriah ketika Dian dan Manohara mendapat kejutan berupa ‘kado’ beraneka macam buah-buahan. Buah-buahan yang terdiri dari pisang, semangka, nanas, tebu, wortel, pepaya dan lainnya itu diwadahkan ke dalam kotak terbuka yang dihias. Selanjutnya, kado itu ditandu untuk dipersembahkan kepada Dian dan Manohara.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peringatan World Elephant Day Pertama

Direktur TSTJ Solo, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengaku cukup terkejut denga adanya pihak yang memperingati Hari Gajah Sedunia di TSTJ Solo. Bahkan, kegiatan tersebut diklaim merupakan yang pertama kali digelar di kebun binatang kebanggan Wong Solo itu.

“Kami sangat menyambut gembira pihak manajemen Novotel ke sini membawakan makanan untuk gajah dan juga ikut memandikan gajah. Ini sejarah buat kami karena ada pihak yang peduli dengan gajah dengan memperingati Wolrd Elephant Day di sini,” kata dia di TSTJ Solo, Senin, 13 Agustus 2018.

Menurut Bimo, jumlah populasi gajah saat ini semakin berkurang. TSTJ sebagai lembaga konservasi, edukasi dan rekreasi berharap bisa ikut melestarikan keberadaan gajah. Bahkan, ia berharap sepasang gajah koleksi TSTJ yang bernama Jati dan Dian bisa kembali beranak setelah sempat melahirkan Manohara yang kini sudah berusia 9 tahun.

“Misi kami sebagai lembaga konservasi adalah pelestarian. Oleh sebab itu, kami berharap gajah koleksi TSTJ bisa kembali beranak sehingga nanti bisa menambah populasi gajah. Nantinya bisa diserahkan ke lembaga konservasi lainnya atau dilepaskan ke alam liar,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Cara Perawatan Gajah

Sementara itu General Manager Hotel Novotel dan Ibis Solo, Budi Wahjono mengatakan World Elephant Day sebenarnya jatuh pada hari Minggu, 12 Agustus 2018, hanya saja untuk perayaannya dilakukan di TSTJ Solo pada Senin, 13 Agustus 2018.

"Kalau kemarin kan bertepatan dengan hari Minggu jadi di kebun binatang masih rame. Terus kami melakukan selebrasinya pada Senin ini," kata dia.

Menurut Budi, kegiatan yang dilakukan dalam merayakan Hari Tari Sedunia meliputi perihal pengetahuan soal cara merawat gajah. Oleh sebab itu, para karyawan hotel pun diajak untuk memandikan gajah serta cara membersihkan kotoran yang menempal di tubuh gajah.

"Kami ingin mengetahui cara merawat gajah, mulai dari memandikan, membersihkan hingga aktivitas gajah sehari-hari seperti apa," ucapnya.

Selain memandikan gajah, Budi mengatakan dalam kesempatan ini juga memberikan makanan kepada gajah yang terdiri dari berbagai macam buah-buahan. Layaknya perayaan ulang tahun, buah-buahan tersebut diwadahkan ke dalam kotak yang telah dihias. Selanjutnya ‘kado’ itu pun ditandu untuk dihidangkan kepada Manohara dan Dian.

"Untuk makanan yang diberikan kepada gajah itu juga sudah konsultasi dengan dokter hewan kebun binatang. Jenis-jenis buah-buahan dan makanan lainnya juga sesuai dengan anjuran dokter hewan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini