Sukses

Purwakarta-Bandung Macet, Polisi Terapkan Sistem Satu Arah

Polisi memberlakukan sistem satu arah (one way) untuk mengurai kemacetan di jalur Purwakarta-Bandung.

Liputan6.com, Purwakarta - Kemacetan parah di jalur arteri Purwakarta-Bandung hingga sore ini (29/12/2016) masih terjadi. Antrean kendaraan besar mengular di jalur tersebut. 

Guna mengurai kemacetan di jalur itu, pihak Kepolisian Resor Purwakarta melakukan sejumlah rekayasa mulai dari pengalihan arus dari sejumlah ruas jalan menuju jalur arteri tersebut hingga pemberlakukan one way.

Sistem satu arah itu dilakukan petugas Kepolisian sepanjang dua kilometer di wilayah Ciganea hingga Cijantung, Kecamatan Jatiluhur.

"Pemberlakuan one way ini sifatnya insidental, yaitu saat terjadi kemacetan parah," kata salah seorang petugas dari satuan lalu lintas Polres Purwakarta, Aiptu Khusna.

Pemberlakukan one way menyusul telah diberlakukannya rekayasa lalu lintas yang terlebih dahulu telah dilakukan, masing-masing di Kilometer 66 dan 67, di Tol Cikampek mengarah ke Cipularang dengan dialihkan ke pintu utama keluar Cikampek, Kilometer 76 di wilayah Sadang serta Kilometer 83 di Pintu Tol Jatiluhur.

Kemacetan parah di Purwakarta terjadi dalam tiga hari terakhir. Sebagai dampak dari pengalihan kendaraan besar seperti bus dan truk melalui tiga pintu tol ke jalan arteri Purwakarta - Bandung setelah Jembatan Cisomang di Cipularang tidak dapat dilalui kendaraan besar.

Kemacetan juga diperparah kondisi ruas jalan di jalur non-tol tersebut tidak mampu lagi menampung volume kendaraan dengan tonase tinggi ke jalan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.