Sukses

Balikpapan Keluar Kocek Rp 1,3 M untuk Uji Coba Parkir Meter

Ada tiga lokasi uji coba parkir meter di Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur akan menguji coba penggunaan parkir meter bagi kendaraan bermotor setempat. Terdapat tiga tempat menjadi lokasi uji coba yakni di Balikpapan Permai, Ruhui Rahayu dan kawasan Kebun Sayur.

"Ada tiga lokasi di Balikpapan menjadi uji coba," kata Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Sabtu (3/12/2016).  

Pemkot Balikpapan mengalokasikan anggaran Rp 1,3 miliar dalam pelaksanaan uji coba parkir di tiga lokasi tersebut. Tiga lokasi ini dipilih disebabkan paling strategis dalam penggunaan parkir meteran. Uji coba itu diharapkan bisa terlaksana pada bulan ini.

"Potensinya cukup besar dalam mendongkrak pendapatan retribusi parkir," kata Sudirman.

Sudirman menyebutkan potensi pendapatan parkir Balikpapan mencapai nilai Rp 11 miliar. Lokasi parkir terdapat di 70 titik lokasi jalan utama Balikpapan.

"Sarana prasana seperti mesin meter dan ketiga harus dilengkapi rambu dan marka parkir serta petugas. Kalau persyaratan ini dipenuhi, Insyaallah target ini tercapai," kata dia.

Hingga Oktober 2016, capaian retribusi yang dikelola Dishub baru mencapai 80 persen dari target Rp 7 miliar. Pada tahun mendatang, Dishub mendapatkan tugas cukup berat dengan target retribusi tahun depan Rp 15 miliar.

Sumber retribusi yang ditargetkan ini berasal dari beberapa sektor, yakni pengujian kendaraan, parkir dan biaya tambat klotok serta speedboat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini