Sukses

Gempa Pacitan Sempat Bikin Panik Warga Yogya

Gempa Pacitan berkekuatan 5,2 skala Richter.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gempa di wilayah Pacitan, Jawa Timur, berkekuatan 5,2 skala Richter sekitar pukul 07.26 Wib dirasakan warga Yogyakarta. Akibatnya, ada warga yang sempat panik meski sebagian lainnya tidak merasakan gempa tersebut.

Wahyu, warga Kota Yogya, mengaku merasakan gempa saat sedang di dalam rumah. Ia sempat hendak ke luar rumah, tapi gempa tersebut keburu berhenti.

"Tadi pas duduk di kursi sampai bergetar, lalu mau berdiri keluar rumah, gempanya berhenti," kata Wahyu, Jumat (11/11/2016).

Sementara itu, Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan, BPBD Gunungkidul belum mendapat laporan mengenai kerusakan akibat gempa pagi tadi.

Namun, ia mengakui gempa pagi ini sempat dirasakan sebagian warganya. Bahkan, ada warga yang membunyikan kentongan pertanda waspada.

"Pagi tadi warga merasakan gempa, tetapi ada yang tidak merasakan," ucap dia.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, pusat gempa berada di koordinat 9.03 lintang selatan dan 111,29 bujur timur atau 96 kilometer tenggara Pacitan, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.