Sukses

Mahkota Ajaib Sultan Ternate, Punya Rambut dan Bisa Zikir

Mahkota tersebut disimpan di sebuah ruangan terpisah di dalam kamar Sultan Ternate.

Liputan6.com, Ternate - Mahkota Kesultanan Ternate ajaib. Tak cuma berhias logam dan batu mulia, konon mahkota itu memiliki rambut dan tumbuh memanjang dengan sendirinya.
 
Pelaksana Tugas Sultan Ternate atau Kimalaha Tomagola Jaib Kolano Ternate, Amir Tomagola bercerita, saat Hari Raya Idul Adha, rambut yang memanjang di mahkota tersebut bakal dipotong dengan upacara ritual.

Mahkota tersebut disimpan di sebuah ruangan terpisah di dalam kamar sultan.

"Ada ruangan khusus menyimpan mahkota, kami sebut kamar puji. Kalau kita masuk ke dalam Kedaton, di balik kamar itu berbau kemenyan. Di dalamnya beberapa penunggu (mahluk lain) yang kami percaya sebagai penjaga mahkota," ucap Kimalaha di Ternate, Maluku Utara.

Ada 2 di Dunia

Kimalaha menyebutkan, mahkota itu sudah berusia ratusan tahun dan mulai ada di dalam Kedaton Kesultanan Ternate sejak Sultan Ternate yang pertama.

"Waktu Ou (Sultan Mudaffar Sjah, Sultan ke-48 Ternate) masih hidup, itu Ou pernah bercerita kepada saya bersama perangkat adat lain, tentang asal-usul mahkota itu," tutur Kimalaha.

"'Mahkota ini punya kesamaan dengan salah satu mahkota di Turki'," kata dia menirukan ucapan sang sultan. "Wallahualam, namun kata Ou mahkota ini di dunia hanya ada dua. Satunya di Turki dan satunya lagi di Ternate."

Keajaiban mahkota tersebut tak berhenti di situ. Kimalaha menuturkan, ketika orang tahlil dan mengumandangkan salawat serta zikir, mahkota itu kemudian mengikuti bacaan yang dibacakan. Bahkan, seakan bersuara mengalunkan Lailahailallah (tiada Tuhan selain Allah).

"Berdasarkan literatur yang saya baca selama ini, bisa saja mahkota itu memiliki kelebihan-kelebihan, yang ada kesaling-hubungan dengan mahluk lain. Saya sendiri belum menemukan keterangan yang pasti tentang keajaiban ini," ujar dia.

"Namun kalau di daerah Jawa, seperti keris yang juga bisa berdiri, dan terbang sendiri. Di mana, pergerakan keris itu karena ada mahluk lain yang merupakan penjaganya," sambung Kimalaha.

Benarkah?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini