Sukses

Peduli Lingkungan, Warga Makassar Gelar Arisan Lorong Garden

Liputan6.com, Makassar - Siapa bilang arisan hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi? Bagi warga Makassar, arisan adalah cara untuk mewujudkan program peduli lingkungan yang diusung pemerintah kota setempat. Program itu bernama lorong hijau atau lebih dikenal sebagai lorong garden.

Program arisan lorong garden warga sebenarnya merupakan strategi untuk menanggulangi masalah anggaran pembinaan. Meski pemerintah sudah menganggarkan, dana yang tersedia tidak cukup untuk menanggung pembinaan di seluruh lorong.

"Ada anggaran pembinaannya, tapi tidak cukup untuk membina 87 lorong di Kelurahan Pandang," kata Nawris, Lurah Pandang, Kecamatan Panakukang, Makassar, kepada Liputan6.com, Minggu, 3 April 2016.


Arisan warga lorong itu, kata Nawir, sudah berjalan sejak November 2015. Masing-masing kepala keluarga diminta menyetorkan Rp 20 ribu per bulan.

Setidaknya, dana arisan yang terkumpul per bulan mencapai Rp 300 ribu per lorong. Dana arisan itu kemudian dimanfaatkan sebagai dana pemeliharaan lorong, seperti membeli cat genteng, cat minyak, drainase, penutup selokan, pot dan bibit tanaman.

"Inovasi ini kami luncurkan sejak bulan November 2015 di RW 6 dan RW 7 dan sudah terlaksana. Selanjutnya RW lain di Kelurahan Pandang akan menyusul juga," tutur Nawir.

Loading