Sukses

Jokowi: Kiat Jadi Pengusaha Sukses Itu Kepercayaan Bukan Modal

Satu kunci keberhasilan ialah kepercayaan. Karenanya, hal itu lah yang dibangun Jokowi sebagai pengusaha kayu kala itu.

Liputan6.com, Banjarmasin - Usai menuntaskan kampanye akbarnya di Stadion 17 Mei Banjarmasin, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi mampir di festival kopi usaha kecil menengah. Diketahui, Jokowi selalu ngopi di hampir setiap wilayah, usai kampanye akbar.

Saat menyeruput kopi khas Banjarmasin sambil berbincang, Jokowi yang ditemani sang istri, Iriana beserta jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN), bercerita soal kiat sukses sebagai pengusaha.

"Saya memulai usaha tanpa modal sama sekali. Karena gaji (bekerja) 2,5 tahun di Aceh sudah habis untuk pulang (ke Solo)," kata Jokowi dalam sesi motivasi kepada pengusaha kopi kelas UKM di Banjarmasin, Kalsel, Rabu, 27 Maret 2019 malam.

Menurut Jokowi, menjadi pengusaha bukan melulu soal modal. Satu kunci keberhasilan ialah kepercayaan. Karenanya, hal itu lah yang dibangun mantan gubernur DKI ini sebagai pengusaha kayu kala itu.

"Kita bangun sejak awal adalah kepercayaan. Dipercaya. Pengusaha pasti tahu sulitnya membangun kepercayaan. Mulai dari produk kecil saya jual barang kayu, lalu masuk ke pasar yang besar nasional," terang dia.

Konsistensi Jokowi membuah keberhasilan. Sekira kurang dari 2,5 tahun, pasar nasional kayu Jokowi naik kelas ke pasar ekspor.

"Jadi apa yang ingin saya sampaikan, saya ngga punya apa-apa, saya kerja dari subuh sampai tengah malam, kadang sampai subuh lagi. Saya ingin tonjolkan adalah itulah kerja keras agar kerja keras ini diberi barokah," jelas Jokowi.

Etos kerja keras dan kepercayaan, lanjut Jokowi, terus dipegang, meskipun kini sudah menjadi abdi negara. Semangat kerja, kerja, kerja ditularkan ke jajaran pemerintahannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepercayaan Rakyat

Dia berharap, dengan semangat tersebut rakyat bisa percaya dan memberi kesempatan untuk memimpin Indonesia yang kedua kalinya.

"Politik yang saya jaga adalah kepercayaan dari rakyat untuk saya. Sehingga masyarakat percaya dan memberikan amanah yang tingkatnya lebih besar, sebagai walikota, gubernur, dan presiden.Menjag kepercayaan sangat sulit. Itu yang ingin saya sampaikan," Jokowi menandasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi