Sukses

Kemunculan Raffi Ahmad Jadi Fenomena Baru di Pilkada Jateng 2024

Dekan FISIP Universitas Diponegoro Teguh Yuwono mengatakan kemunculan Raffi Ahmad yang diisukan maju bersama Bupati Kendal, Dico Ganinduto, sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur merupakan fenomena baru di Pilkada Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Dekan FISIP Universitas Diponegoro Teguh Yuwono mengatakan kemunculan Raffi Ahmad yang diisukan maju bersama Bupati Kendal, Dico Ganinduto, sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur merupakan fenomena baru di Pilkada Jawa Tengah.

"Apa yang sekarang muncul dengan Raffi Ahmad dan Dico itu merupakan fenomena baru di dalam kompetisi Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Jawa Tengah," kata Teguh seperti dilansir Antara.

Sebab, selama ini tokoh muda hingga kalangan artis melakukan pencalonan di Jawa Tengah sebagai anggota dewan, baik itu untuk DPRD maupun DPR RI.

Ia tak mungkiri apabila dilihat dari aspek kekuatan politik, Sultan Andara itu tidak memiliki basis dan kekuatan partai politik. Namun, Raffi memiliki basis kekuatan popularitas, keartisan dan performa.

"Saya kira ini akan menjadi menarik, peta di Jawa Tengah," ujarnya.

Selain itu, adanya tokoh-tokoh lama yang dominan juga sudah cukup lama memeriahkan peta perpolitikan di Jawa Tengah dan berpotensi untuk maju ke dalam Pilkada Serentak 2024.

Mereka adalah Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Pacul, mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua DPW PKB Jawa Tengah Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf, hingga Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masuk Radar Golkar

Sebelumnya, Rabu (8/5), nama Raffi Ahmad muncul dalam radar pencalonan di Pilkada Jawa Tengah 2024 oleh Partai Golkar.

Saat ini, Partai Golkar masih menggodok nama-nama yang ada, salah satunya Raffi Ahmad yang masuk bursa calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Tengah.

Nama Raffi Ahmad muncul usai beredar video si sosial media yang menunjukkan Raffi Ahmad terlihat sedang sesi pengambilan foto bersama Bupati Kendal sekaligus kader Golkar Dico Ganinduto. Dalam video itu, terlihat keduanya mengenakan kemeja putih dan peci hitam.

"Nama Raffi kita juga monitor. Masuk dalam radar kami," kata Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli kepada wartawan.

Doli mengatakan saat ini pihaknya sedang menguji nama-nama itu dalam survei internal. Menurutnya, masih ada kemungkinan akan muncul nama baru untuk pencalonan di setiap daerahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.