Sukses

Rupiah Perkasa, Sandiaga Sebut Ada Dampak Baik buat Pedagang UKM

Sandiaga mengatakan, menguatnya rupiah memberikan dampak tersendiri kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) menguat pada akhir perdagangan, Kamis (31/1) kemarin yang menyentuh level Rp 13.970/USD. Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, mengapresiasi hal tersebut.

"Menguat harus kita apresiasi jangan sampe stabilitas melorot lagi ke angka Rp 14 ribu," kata Sandiaga di Sriwijaya, Jakarta Selatan, Kamis (31/1) kemarin.

"Tentu rupiah naik turun itu. Kemarin kita lihat eksternal keadaan, atau karena modal masuk, kita syukuri kalau rupiah kita menguat dan pastikan ke depan akan lebih jauh stabil," katanya.

Sandiaga mengatakan, menguatnya rupiah memberikan dampak tersendiri kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Sebab menurut dia, modal yang dikeluarkan saat dolar ada di titik Rp 14.000 menjadikan para pedagang sulit menyesuaikan harga.

"Ini yang memberatkan untuk UKM karena UKM itu order Rp 14.500 tiba-tiba menguat (rupiah). Dia akhirnya tidak bisa melakukan pricing ke harga pokoknya," kata Sandi mengkritisi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.