Sukses

Miris, Calon Gubernur Riau Ini Tak Bisa Nyoblos karena Punya KTP Depok

Diinformasikan oleh KPU, politikus PKB yang berpasangan dengan Hardianto di Pilkada Riau 2018 ini tak punya KTP Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Jadi calon gubernur tak serta-merta bisa langsung memilih di Pilkada Riau 2018. Lukman Edy, contohnya. Pria yang menjadi calon Gubernur Riau ini disebutkan tidak bisa memilih di Pemilihan Gubernur Riau lantaran tidak punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) Riau. Dia mengantongi KTP Depok, Jawa Barat.

Soal KTP Lukman Edy ini diinformasikan Komisi Pemlihan Umum (KPU). Disebutkan, politikus PKB yang berpasangan dengan Hardianto dari Gerindra itu tak punya KTP Riau.

"Sesuai aturan dan ketentuan, maka Lukman Edy tak bisa memilih di Riau," kata Komisioner KPU Ilham Yasir.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Lukman Edy tak memberi jawaban. Beberapa kali ditelepon, pria yang lahir di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, itu juga tak menjawab.

Kala konfirmasi dilakukan melalui pesan WhatsApp (WA) juga tak membuahkan hasil. Pertanyaan yang dikirimkan masuk ke pesan miliknya dengan tanda biru dua, tapi tak dijawab.

Sementara pasangan Lukman Edy, Hardianto, telah menyalurkan hak suaranya di TPS 11 Kelurahan Pasang Bulan, Pekanbaru, karena memiliki KTP Riau.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Bersama

Sedangkan calon gubernur dan wakil gubernur lainnya, seperti Syamsuar-Edy Natar Nasution, masing-masing mencoblos di TPS 1 Kampung Rempah, Kabupaten Siak, dan di TPS 11, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru.

Datang ke TPS, Edy didampingi istrinya, Hj Suti Mulyati. Edy mengenakan baju gamis warna hitam menuju ke TPS 11, meski suasana Kota Pekanbaru saat itu diguyur hujan ringan.

"Meski kondisi hujan, tetap sampai ke TPS untuk melakukan kewajiban saya mengeluarkan hak suara," ujar Edy.

Sehari sebelum pencoblosan, Edy mengaku menggelar doa bersama dengan tim pemenangan. Tujuannya agar dimudahkan dan diberikan peluang memenangkan Pemilihan Gubernur Riau 2018 ini.

"Untuk persiapan, tidak ada yang khusus. Kita bersama tim hanya melakukan doa bersama, dengan harapan menginginkan yang terbaik kepada Allah," kata Edy.

Untuk pasangan calon Gubenur dan Wakil Gubenur Riau nomor urut 3 Firdaus-Rusli Efendi mencoblos masing-masing di TPS 15 Kecamatan Bukit Raya, dan TPS 16 Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Terakhir pasangan nomor urut 4 Arsyadjuliandi Rachman mencoblos di TPS 29 Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru. Wakilnya Suyatno di TPS 19 Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.