Sukses

Ganjar-Mahfud Tiba di MK, Harap Semua Pihak Taat Konstitusi

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md tiba di Gedung MK untuk hadir dalam sidang perdana PHPU, pada Rabu (27/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) untuk hadir dalam sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), pada Rabu (27/3/2024).

Ganjar mengatakan, akan memberikan sambutan sebelum tim hukum menyampaikan permohonan.

"Insyaallah saya dan Pak Mahfud bisa memberikan pengantar di depan," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar mengungkapkan, akan menyampaikan harapannya agar seluruh pihak bisa taat kepada konstitusi.

"Saya sampaikan lebih besar lagi harapan kepada proses demokrasi dan demokratisasi, dan bagaimana mimpi negara ini didirikan agar semua bisa taat konstitusi," imbuh dia.

Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana perselisihan hasil Pemilihan umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024, hari ini, Rabu 27 Maret 2024. Sidang yang umumnya disebut Sengketa Pilpres ini akan dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Mengutip jadwal sidang yang ditampilkan pada laman resmi MK, pihak pemohon yang akan bersidang lebih dulu adalah dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Mereka akan diwakili Tim Hukumnya yang diisi oleh sejumlah pengacara seperti Ari Yusuf Amir, Zainudin Paru, Ahmad Yani, Refly Harun, dan Bambang Widjojanto.

Selanjutnya, pada pukul 13.00 WIB, MK kembali menjadwalkan sidang untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Mereka juga akan diwakili oleh tim hukum yang diketuai oleh Todung Mulya Lubis dan diwakili oleh Henry Yosodiningrat dengan beranggotakan Maqdir Ismail, Ifdhal Kasim dan Finsensius Mendrofa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Tegaskan Tim Sangat Siap

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo- Mahfud Md menghadiri sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 (PHPU Presiden) di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Ganjar menegaskan pihaknya sudah sangat siap menghadapi sidang perdana sengketa Pilpres 2024. "Insyaallah sudah siap semuanya," kata Ganjar sebelum berangkat ke MK. 

Ganjar mengaku ikut memantau persidangan pertama yang dihadiri pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Tadi kita sudah melihat persidangan yang pertama dan saya kira kita tinggal mengikuti saja, Insyaallah semua berjalan dengan baik," kata dia.

Saat disinggung soal pihak Prabowo-Gibran yang sudah menanggapi permintaan kubu 03 agar perolehan suara 02 menjadi 0, Ganjar menegaskan hanya akan memberikan tanggapan di dalam sidang, bukan di luar persidangan.

"Kita sedang tidak menanggapi di luar, kalau mereka akan menanggapi di luar persidangan maka sudah membangun opini masing-masing," kata dia.

"Nanti kita masuk proses persidangan dan pembuktian, istilahnya kan ketahuan apa dasarnya dan bagaimana, kalau komentar di luar persidangan ya sah-sah saja yang penting kita tidak mengomentari materinya," kata Ganjar.

Ganjar memastikan pihaknya akan membeberkan secara lebih sistematis terkait kecurangan paslon 02 pada Pilpres 2024 yang dinilai terstruktur, sistematis dan masif.

"Kami akan menyanpaikan lebih sistematis, sehingga kalau kita bicara makna yang TSM, yang memperngaruhi juga berdasarkan data fakta nanti akan ada saksi saksi, saksi fakta saksi ahli, biar itu jadi suatu materi yang akan dibuktikan," ucap Ganja.

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini