Sukses

Melihat TPS 901 yang Dipakai Para Tahanan di Rutan Bareskrim Mabes Polri

Mabes Polri turut memfasilitasi penyaluran hak kepada para tahanan khususnya yang berada di Rutan Bareskrim. Di mana, ada 100 tahanan yang terdaftar akan menggunakan hak suaranya, Rabu (14/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta Mabes Polri turut memfasilitasi penyaluran hak kepada para tahanan khususnya yang berada di Rutan Bareskrim. Di mana, ada 100 tahanan yang terdaftar akan menggunakan hak suaranya untuk Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

"Di Rutan Bareskrim ada sekitar 100 tahanan yang terdaftar dan punya hak pilih," kata Kabag Tahti Rorenmin Bareskrim Polri, Kombes Gatot Agus Budi Utomo saat dikonfirmasi.

Untuk pelaksanan, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Kota Jakarta Selatan yang bertugas memfasilitasi proses pemungutan dan perhitungan suara para tahanan.

"Sesuai hasil koordinasi dengan KPU Kota Jaksel akan disiapkan 1 TPS Loksus di Rutan Bareskrim untuk melayani para tahanan. KPU juga menyiapkan 7 petugas KPPS dan 2 petugas Pamsung untuk mendukung pelaksanaan pencoblosan," jelasnya.

Sementara, Gatot mengatakan di hari pencoblosan, termasuk logistik telah disiapkan, bahkan sosialisasi kepada semua tahanan yang sebelumnya telah dilakukan.

"Mekanisme pengambilan suara pemilu sudah disosialisasikan dan untuk logistik sudah siap di Rutan Bareskrim. Polri menjamin tahanan yang berada di Rutan Polri untuk menggunakan hak pilihnya sesuai ketentuan," tuturnya.

Adapun lokasi TPS 901 dibangun di ruangan rutan Lantai B1 yang biasa dijadikan sebagai area tamu pengunjung tahanan rutan.

Lokasi itu dipakai, agar petugas bisa dengan mudah memastikan pengamanan selama proses pemungutan dan perhitungan suara nanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Sudah Dilakukan

Polri memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sejauh ini masih terpantau kondusif sampai 2 hari atau H-2 menjelang pencoblosan, Pemilu 2024, pada Rabu 14 Februari nanti.

“Situasi nasional kondusif paling kita dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi terkait pergeseran anggota ke titik-titik TPS yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya,” kata Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran kepada awak media, dikutip Selasa (13/2/2024).

Sementara untuk daerah rawan konflik dan bencana, lanjut Fadil, Polri telah menyiapkan operasi Aman Nusa Satu untuk bencana alam dan operasi Aman Nusa Dua guna mengatasi konflik sosial masyarakat.

Dimana dalam Satgat Aman Nusa juga melibatkan Tim SAR gabungan yang bisa ikut membantu apabila nanti ada bencana alam maupun konflik sosial di daerah tertentu.

“Jadi jika ada terjadi bencana seperti kan di Demak ada banjir itu kan Grobogan. Kapolda sudah menyusun operasi Aman Nusa Satu dan Aman Nusa Dua untuk mengantisipasi itu semua,” tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Kabaharkam Polri: Pelaksanaan Pemilu di Luar Negeri Berjalan Lancar dan Aman

Sementara untuk situasi proses pencoblosan untuk pelaksanaan pemilu di TPS Luar Negeri (TPSLN) telah berjalan lancar. Dengan hanya tinggal menunggu proses pemungutan suara di Hongkong dan Taipei yang berlangsung pada 13-14 Februari.

Termasuk proses pemungutan suara di TPSLN di Malaysia yang berlangsung pada Senin (12/2) kemarin. Dimana, proses telah berjalan lancar, meski sempat ada antrian namun berhasil dikawal sampai proses selesai.

“Alhamdulillah PPLN TPSLN semua berjalan lancar dan aman, tertib. Nanti akan dilaksanakan penghitungan suara serentak di tanggal 14,” tuturnya.

“Harapan saya, ya mari kita menjaga bersama-sama kondusifitas. Dua hari lagi kita akan masuk ke tahap pemungutan suara. Itu, jauh lebih penting untuk masa depan bangsa,” tambahnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.