Sukses

Momen Ketum PSI Kaesang Akui Kalah Populer dari Gibran

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengakui dirinya kalah populer dibandingkan dengan kakaknya, yang kini juga maju sebagai calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengakui dirinya kalah populer dibandingkan dengan kakaknya, yang kini juga maju sebagai calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini disampaikannya  saat konsolidasi dan mematangkan langkah pemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 dengan TKD Prabowo-Gibran Kabupaten Serang. 

"Waktu saya menjadi Ketua Umum PSI semua orang nyelametin saya, semua orang manggil Kaesang, Kaesang, Kaesang ketika saya jalan di manapun. Saya merasa sudah menang dari kakak saya yang cuma wali kota," kata dia dalam keterangannya, Kamis (4/1/2023).

Namun, itu semua, lanjut Kaesang, kalah setelah Gibran menjadi cawapres untuk Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

"Tapi setelah beberapa bulan, Masyaallah jadi cawapres," kata Kaesang.

Kendati saling bersaing, Kaesang mengakui sangat menyayangi kakaknya dan memberikan dukungan penuh kepada Gibran yang maju sebagai kontestan Pemilu Presiden 2024.

"Kalau bisa menang satu putaran. Saya mau liburan sama istri saya soalnya. Kalau dua putaran nanti saya disuruh kerja lagi sama Mas Gibran. Tapi enggak apa-apa karena saya sebagai adik yang sayang sekali dengan kakaknya akan mendukung terus mas Gibran untuk menjadi cawapresnya Pak Prabowo hingga nanti bisa menang," katanya.

Kaesang juga menceritakan dirinya yang sering dipanggil sebagai Gibran. Tidak jarang dirinya disebut sebagai Gibran oleh masyarakat dalam sejumlah kesempatan.

"Beda. Kalau saya orangnya yang senyum. Nah kalau Mas Gibran itu juga senyum, tapi cuma sedikit. Kalau kami di keluarga, Mas Gibran adalah versi seriusnya Pak Jokowi, saya versi lucunya Pak Jokowi," kata Kaesang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khawatir soal Senyum

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebut dirinya mempercayai kemampuan kakak kandungnya Gibran Rakabuming Raka yang menjadi Calon Wakil Presiden nomor urut 2, namun hanya mengkhawatirkan kemampuan kakaknya untuk senyum.

Hal ini disampaikannya saat bertemu dengan relawan Prabowo-Gibran serta kader dan simpatisan PSI di Serang, Banten, Rabu (3/1/2024).

"Saya sudah kerja dengan beliau sejak 2015. Saya tahu selama ini kita kalau menghadapi investor beliau yang selalu maju ngomong ke investor. Dan saya memang tahu kemampuan beliau selalu ada," kata Kaesang.

Kendati meyakini kemampuan kakaknya, Kaesang hanya mengkhawatirkan sikap Gibran yang dinilainya sulit tersenyum.

"Cuma satu hal yang saya khawatirkan. Bukan kemampuan beliau debat, cuma kemampuan beliau senyum. Udah itu aja," katanya.

3 dari 3 halaman

Baik Saat Debat

Kaesang menilai penampilan Gibran sudah cukup baik pada saat acara Debat Cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Menurutnya, sang kakak sudah menunjukkan sikap yang sopan terhadap lawan-lawan debat, disamping mampu menguasai materi debat. Kaesang menyebut Gibran memperlihatkan adab yang baik dan memberikan senyum terhadap lawan-lawan debat.

"Beliau juga menunjukkan bahwa anak muda itu bisa. Walaupun lawannya itu Prof Mahfud dan Gus Imin yang mana pengalaman beliau berdua ini sudah sangat tinggi," kata Kaesang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.