Sukses

Emil Dardak Ungkap Alasan Gibran Rakabuming Raka Irit Bicara

Juru bicara Gibran Rakabuming Raka, Emil Dardak, mengungkap karakter Gibran memang lebih suka mendengar aspirasi masyarakat, ketimbang bicara panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, irit bicara saat kampanye dan dalam beberapa kesempatan. Juru bicara Gibran Rakabuming Raka, Emil Dardak, mengungkap karakter Gibran memang lebih suka mendengar aspirasi masyarakat ketimbang bicara panjang.

Ketua DPD Demokrat ini pun terkesan melihat gaya komunikasi putra sulung Presiden Jokowi itu yang sangat serius setiap mendengar aspirasi masyarakat.

"Orangnya kalem, punya kepedulian tinggi, senang menggali aspirasi warga dengan dialog interaktif. Kalau Mas Gibran sudah bertanya sesuatu, dia akan mendalaminya ketimbang bicara panjang," kata Emil dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023).

Wakil Gubernur Jawa Timur ini menjelaskan, cara komunikasi Gibran membuat anak muda lebih tertarik untuk membahas isu pembangunan.

"Gaya Mas Gibran memang cocok menggambarkan pola komunikasi yang disenangi Gen Z, minim retorika dan tidak bicara panjang," ungkapnya.

Emil terpukau dengan Wali Kota Solo itu yang ternyata memahami permasalahan di akar rumput. Serta mampu menjadi pendengar yang tulus dan serius, bukan hanya basa-basi saat mendengarkan.

"Gibran lebih senang berbicara to the point. Dan dia selalu serius setiap kali mendengar permasalahan warga," ujar Emil.

Eks Bupati Trenggalek ini mencontohkan, saat menghadiri suatu kegiatan, Gibran selalu memastikan para peserta dalam kondisi baik. Jika ada peserta yang belum mendapat tempat duduk atau posisinya kurang pas untuk melihat ke panggung, Gibran akan mengajak hadirin untuk mencari posisi yang aman dan nyaman.

Contohnya, ketika Emil mendampingi Gibran meninjau desa wisata Ketapanrame di Mojokerto. Gibran sangat tertarik mendalami skema usaha yang dikembangkan BUMDes dan peran warga setempat sebagai pemegang saham.

"Pertanyaan Mas Gibran sangat substantif, dari mulai aksesibilitas lokasi, masa balik modal, pola kepemilikan saham, hingga rencana bisnis yang konkret. Mungkin karena berlatar belakang pelaku usaha, jadi Mas Gibran memang serius mendalami skemanya ketimbang memberi motivasi yang bersifat umum," tutur Emil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pekan Pertama, Gibran Rakabuming Raka Fokus Kampanye di Jateng

Ketua Tim Kampanye Nasional ()TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, mengungkapkan bahwa caawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, akan fokus berkampanye di daerah Jawa Tengah (Jateng) pada pekan pertama.

Salah satunya menghadiri laga final Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo.

"Mas Gibran juga nanti di Solo ada final piala U-17 itu juga akan dihadiri oleh beliau. Kemudian ada beberapa acara, tapi Mas Gibran lebih banyak berkonsentrasi dulu untuk saat minggu ini di Jawa Tengah, baru kemudian akan disusun beberapa program lainnya," kata Rosan kepada wartawan, Rabu (29/11/2023).

Rosan mengatakan, Gibran dan Prabowo secara umum berkampanye sendiri-sendiri. Tetapi ada di beberapa tempat, mereka melakukan kampanye secara bersamaan. Rosan mengungkapkan alasan Prabowo dan Gibran kampanye terpisah karena waktu yang disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) singkat.

"Indonesia ini kan luas, tentunya akan dibagi tugas untuk menyapa kemudian mendengar aspirasi, dan lebih, sebetulnya yang ingin disampaikan dalam kampanye ini kita justru kita lebih banyak mendengar," ujar dia.

Rosan kemudial memperkenalkan program kampanye Gibran, yaitu 'Gibran Mendengar'.

"Jadi kita akan lebih mendengar dari pada kita memberi tahu oh ini apa yang ingin kita lakukan karena itu sudah kita sampaikan secara tertulis, secara media. Jadi kita lebih mendengar apa aspirasi masukan dari semua masyarakat Indonesia secara keseluruhan," ujar Ketua TKN Prabowo-Gibran.

3 dari 3 halaman

Hari Kedua Kampanye, Prabowo-Gibran Tetap Pilih Kerja

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih tetap bekerja di hari kedua kampanye Pemilu 2024.

Disebut, Prabowo di pagi hari memilih hadir dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Pada pukul 14.00 WIB, Prabowo dijadwalkan menghadiri pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat di Istana Negara Jakarta siang ini. 

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid mengatakan, pasangan Prabowo-Gibran masih memilih untuk tidak mengambi cuti kampanye sebagai capres dan cawapres.

Mereka memutuskan untuk tetap menjalankan rutinitas sebagai Menhan Pertahanan dan Wali Kota Solo. 

"Sama seperti hari pertama kemarin, Pak Prabowo dan Mas Gibran tidak mengambil cuti kampanye sebagai capres dan cawapres. Tetap fokus untuk melayani masyarakat sebagai Menhan dan Wali Kota Solo," kata Nusron kepada wartawan di Jakarta (29/11/2023).

"Dan pada Minggu ini, Pak Prabowo dan Mas Gibran direncanakan akan berkampanye hanya pada akhir pekan, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu," jelas Nusron. 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.