Sukses

Prabowo Bicara soal Kontestasi Perempuan di Pilpres

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menjawab pertanyaan Najwa Shihab soal keterlibatan perempuan di kontestasi politik pilpres.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berbicara soal keterlibatan perempuan di kontestasi politik pemilihan presiden (pilpres).

Menurut Prabowo, ada kesulitan tertentu dalam mendapatkan sosok perempuan jika dihadapkan pada penentuan sosok calon presiden dan calon wakil presiden, karena hal itu ditentukan oleh partai politik.

"Kalau kita lihat yang disinggung peran perempuan di tingkat teratas katakanlah calon presiden dan wakil presiden dalam suasana politik kita sekarang kurang terlihat. Masalahnya adalah politik kita ini sekarang , berdasarkan parpol, jadi calon ditentukan parpol," jawab Prabowo saat Acara 13 Tahun Mata Najwa di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (19/11/2023).

Prabowo menambahkan sebenarnya peran perempuan di perpolitikan sudah cukup menonjol. Dia mencontohkan seperti di kabinet Presiden Jokowi yang memegang di beberapa kementerian adalah perempuan, salah satunya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Kita punya menteri luar negeri, saya kira beliau salah satu menteri luar negeri terhebat dalam sejarah bangsa Indonesia karena pernah dijuluki Iron Lady. Kadang lebih galak dari menteri pertahanan," kagum Prabowo.

Selain itu, Prabowo juga memuji peran perempuan sebagai gubernur di Indonesia seperti Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur.

"Kita lihat peranan beberapa gubernur perempuan kita yang hebat seperti di Jawa Timur," sanjung Prabowo.

Namun demikian, Prabowo mengakui, kembali pada realita politik, maka sulit mewujudkan hal tersebut. Terkecuali satu-satunya saat ini hanyalah Megawati Soekarnoputri yang disebut Prabowo sebagai perempuan yang menduduki tampuk kepemimpan partai politik di Indonesia.

"Kecuali Ibu Mega yang sampai sekarang masih memimpin PDIP. Saya kira ini alamiah, ke depan sudah akan muncul perempuan menonjol di partai. Saya juga ketua dari perempuan, jadi saya optimis di masa mendatang perempuan hebat-hebat," Prabowo menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Airin Rachmi Diany Jadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Banten

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menunjuk ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) untuk tiga provinsi yaitu Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat.

Untuk Banten, TKN menunjuk mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany sebagai Ketua TKD Banten. Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyebut, Banten adalah provinsi dengan jumlah pemilih sebanyak 7 juta.

"Maka yang menjadi ketua TKD di Banten adalah Ibu Airin Rachmi Diany," kata Nusron di Sekretariat TKN Prabowo-Gibran, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (17/11/2023).

Menurutnya, Airin adalah ikon provinsi Banten dan memiliki prestasi. Dia juga pernah menjadi Wali Kota Tangsel dua periode.

Nusron meyakini, dengan adanya Airin, maka aroma kemenangan Prabowo-Gibran di Banten sudah terlihat.

"Beliau pasti akan menyedot pemilih-pemilih wanita di Provinsi Banten," ucap Nusron.

3 dari 3 halaman

Soal Khofifah Jadi Ketua TKD Prabowo-Gibran di Jatim, TKN: Tunggu Tanggal Mainnya

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Nusron Wahid belum mau membocorkan soal kemungkinan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bakal mengisi posisi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur (Jatim).

Politikus Partai Golkar ini memastikan akan ada saatnya nama Ketua TKD Prabowo-Gibran Jawa Timur akan diumumkan.

"Tunggu tanggal mainnya, pokoknya kan kita maintenance satu-satu" kata Nusron di Sekber Relawan Prabowo-Gibran, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (17/11/2023).

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sempat memperkenalkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Gubernur Jatim Soekarwo sebagai tim pemenangan bakal capres dan bakal cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Khofifah dan Pakde Karwo sapaan Soekarwo diperkenalkan sebagai tim pemenangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

Pengumuman Khofifah dan Pakde Karwo itu disampaikan Airlangga saat Hari Ulang Tahun (HUT) Golkar ke-59 di Gedung DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (6/11) malam. Khofifah datang memakai kerudung kuning dan Pakde Karwo memakai jas kuning.

Sebelum memperkenalkan Khofifah dan Pakde Karwo, Airlangga lebih dulu memperkenalkan Waketum Partai Golkar Ridwan Kamil sebagai penanggung jawab pemenangan tim kampanye Prabowo-Gibran di Jawa Barat.

"Kemudian untuk Jawa Timur ibu Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh Pakde Karwo," kata Airlangga disambut Khofifah dan Pakde Karwo yang berdiri dari bangku tamu undangan.

"Jadi kalau penyerangnya sudah dua pak, tandem itu sepertinya kita di Jawa Timur sepertinya juga menang Pak Prabowo," kata Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.