Sukses

Pimpinan Partai Koalisi Perubahan Akan Berkumpul, Bahas Cawapres untuk Anies Baswedan

Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bakal berkumpul dalam waktu dekat akan berkumpul untuk membahas mengenai siapa sosok pendamping Anies Baswedan dalam Pemilu 2024 mendatang. Semua Pimpinan partai akan segera merembukan kandidat cawapres.

Liputan6.com, Jakarta Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bakal berkumpul dalam waktu dekat akan berkumpul untuk membahas mengenai siapa sosok pendamping Anies Baswedan dalam Pemilu 2024 mendatang. Semua Pimpinan partai akan segera merembukan kandidat cawapres.

"Pimpinan-pimpinan partai akan segara berkumpul dalam sehari sampai dua hari ini," kata Ketua DPP NasDem, Sugeng Suparwoto di Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023).

Dia membeberkan terkait dengan pembahasan cawapres untuk Anies Baswedan, akan ada sejumlah kejutan nantinya. Namun dirinya enggan membeberkan siapa saja kandidatnya nanti.

"Satu sampai dua hari ini akan ada suprise cawapres," ucap Sugeng.

Hingga sejauh ini partai yang tergabung dalam KPP teridiri Nasdem, PKS, Demokrat. Dia menyebut belum ada parpol lain yang akan masuk untuk bergabung.

Sebelumnya, Partai NasDem mengajukan satu nama untuk Cawapres Anies Baswedan. Ketua DPP NasDem Taufik Basari mengatakan, Anies bakal mengumumkan namanya.

"Kita juga sudah sampaikan satu nama, tentu nanti pada saatnya tentu pak Anies yang akan umumkan," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Ketika ditegaskan apakah nama yang diusulkan adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Taufik tak ingin membocorkannya. Ia mengatakan, Anies yang akan menyampaikan sendiri.

"Karena kita sudah serahkan sepenuhnya kepada pak Anies tentu kita akan berikan kesempatan untuk menyampaikan dan menentukan dari pak Anies sendiri," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lima Kandidat Cawapres Anies Baswedan

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman telah membocorkan lima nama kandidat bakal cawapres Anies Baswedan.

"Sudah saya bilang usulan dari partai koalisi PKS, NasDem dan Demokrat dan yang diusulkan oleh tim kecil. Itu sudah disampaikan ke Pak Anies lima nama itu," kata Sohibul.

Sohibul mengungkap ketiga dari lima nama yang telah masuk ke kantong Anies. Di antaranya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

"Ya mungkin ada mas AHY (usulan dari Partai Demokrat), ada Kang Aher (usulan dari PKS). Kemudian dari NasDem (usulan) kan menyodorkan Ibu Khofifah. (sudah diusulkan ke Anies) Iya kan tadi yang ada di meja koalisi," bebernya.

Lantas ketiga tokoh AHY, Aher, Khofifah, dan dua nama lainnya yang belum terungkap. Akan menjadi daftar kandidat Cawapres yang bakal dipilih Anies kedepannya.

"Nah setelah itu kita semua punya kesepakatan yang mengerucutkan nama itu Pak Anies. Ya awalnya lima, dan sekarang kan Pak Anies sudah menyampaikan dia mengerucutkan dan sedang fokus berarti sudah tidak lima dong (mungkin sudah dikerucutkan)," ujarnya.

"Intinya, mungkin 1 juga sudah barangkali. Pak Anies ini yang kita tunggu adalah beliau menyampaikan kepada kita sudah punya 1 nanti kita deklarasi kapan. Kan begitu," tambah Sohibul.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini