Sukses

Ini APAR Khusus untuk Padamkan Api Baterai Lithium Motor Listrik yang Terbakar

Berpartisipasi dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) memperkenalkan inovasi pemadam api "Lithium Fire Killer" atau LFK Hartindo AF31

Liputan6.com, Jakarta - Berpartisipasi dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) memperkenalkan inovasi pemadam api "Lithium Fire Killer" atau LFK Hartindo AF31, yang diakui sebagai penemuan anak bangsa dengan pengakuan global.

Diklaim produk juga dapat digunakan untuk berbagai situasi, tidak hanya kebakaran yang melibatkan kendaraan listrik.

Perusahaan sudah memperkenalkan produk tahun lalu. Kemudian terus dikembangkan. Di PEVS 2024, mereka memperkenalkan teknologi fire suppression system atau sistem peredam api untuk kendaraan roda dua.

Melalui kerja sama dengan produsen sepeda motor listrik Hunter Motorcycle, produk yang masih dalam tahap pengembangan ini memungkinkan pemadaman api secara otomatis yang ditujukan langsung ke baterai saat terdeteksi api.

“Penemuan mutakhir ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia dan juga dunia sebagai alat pengaman yang diperlukan untuk ekosistem kendaraan listrik, mulai dari kendaraannya sendiri berupa APAR dan juga suppression system, tempat pengisian ulang daya (charging station), hingga pengamanan pada gudang-gudang penyimpanan baterai lithium,” terang Willy Hadiwijaya, CEO FAST.

Tujuan dari alat pemadam FAST adalah agar dapat terintegrasi langsung dengan kendaraan, terutama sepeda motor. Willy menyatakan bahwa timnya sedang melakukan penelitian untuk menciptakan formula yang ideal, terutama untuk penyimpanan tabung pemadam kebakaran di sepeda atau motor listrik.

Inovasi yang menarik adalah desain tempat penyimpanan yang tersembunyi sebagai knalpot. Karena motor listrik tidak memiliki saluran pembuangan, ini memberikan ruang yang dapat dimanfaatkan. Ruang tersebut akan diisi dengan tabung LFK Hartindo AF31, yang tersedia dalam model manual atau otomatis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Dipatenkan

Penting untuk diingat bahwa kebakaran yang disebabkan oleh baterai lithium termasuk dalam kategori khusus, dengan suhu yang sangat tinggi, berkisar antara seribu hingga dua ribu derajat Celsius.

Karena perbedaan material, pemadam api konvensional seperti bubuk atau air menjadi kurang efektif. Kebakaran yang berasal dari sumber daya akan terus berkobar selama masih ada energi yang tersimpan, bahkan jika terendam air. Oleh karena itu, diperlukan metode khusus untuk menurunkan suhu secara signifikan.

LFK Hartindo AF31, sebagai produk lokal, telah dipatenkan dan diakui sebagai salah satu yang paling efektif di dunia, dengan berbagai sertifikasi internasional. Produk ini juga dianggap sangat aman bagi manusia, hewan, dan lingkungan.

“Kami telah melakukan uji coba di berbagai negara mulai dari Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Singapura dan Malaysia. Terbukti bahwa media milik Hartindo AF31 ini memiliki sifat pendingin yang dapat menghentikan thermal runaway serta mencegah penyalaan ulang dari baterai lithium yang terbakar,” pungkas Willy.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.