Sukses

Pemerintah Genjot Penjualan 50 Ribu Unit Mobil Listrik pada 2024

Penjualan kendaraan listrik di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal tersebut tak lepas dari berbagai dukungan dari pemerintah, termasuk pemberian insentif yang cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta Penjualan kendaraan listrik di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal tersebut tak lepas dari berbagai dukungan dari pemerintah, termasuk pemberian insentif yang cukup besar.

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Transportasi (Kemenko Marves), Rachmat Kaimuddin, bahkan untuk target penjualan mobil listrik telah terjadi perubahan.

"Kalau dari kami, target roda empat (listrik) 50 ribu uniit untik 2025. Kalau untuk roda dua (listrik) belum dihitung," jelas Kaimuddin saat ditemui di gelaran PEVS 2024, Selasa (30/4/2025).

Sementara itu, untuk target tersebut juga tentunya meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar 16 ribuan unit terjual untuk mobil listrik. Sedangkan untuk pemberian insentif kendaraan listrik, memang berakhir pada tahun ini. Nantinya, akan dievalusi apakah perlu diperpanjang untuk pemberian subsidi mobil listrik.

"Tapi perlu diingat, insentif mobil listrik juga kalau tidak ada, masih ada tambahan pembebasan untuk PPnBM," tegas Kaimuddin.

Sebelumnya, pemerintah memang resmi memberikan pembebasan Pajak Penjualan atas Barang mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk mobil listrik impor utuh alias Completely Built Up (CBU).Aturan tersebut, tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2024 yang mulai berlaku tanggal 15 Februari 2024, yang disahkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Jumat (23/2/2024).

PPnBM DTP sebesar 100% dari PPnBM terutang diberikan atas impor KBLBB roda empat CBU tertentu dan penyerahan KBLBB roda empat Completely Knocked-Down (CKD) tertentu oleh pelaku usaha. PPnBM DTP diberikan untuk Masa Pajak Januari 2024 sampai Masa Pajak Desember 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PEVS 2024 Resmi Dibuka

Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrin Indonesia (Periklindo), Moeldoko resmi membuka pameran kendaraan listik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024. Pameran otomotif yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini bakal berlangsung mulai Selasa ini (30/4/2024) hingga Minggu (5/4/2024).

Dijelaskan pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia ini juga mengklaim, PEVS 2024 menjadi pameran kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara.

"Kita perlu bangga, karena belum ada negara lain yang bisa menyelenggarakan apa yang dibuat oleh Periklindo ini," Moledoko, saat sambutan dalam pembukaan PEVS 2024, Selasa (30/5/2024)

Lanjut Moeldoko, Periklindo sendiri adalah bridging institution yang dibangun dengan bisa memperjuangkan apa yang jadi harapan para pemain industri kendaraan listrik di Tanah Air.

"Periklindo bisa menjembatani antara produsen dengan pemerintah. Periklindo bisa menjembatani industri otomotif. Peran Periklindo sebagai bridging institution harus diperkuat," jelas Moeldoko.

Sementara itu, di PEVS 2024 ini, Moeldoko meyakini transaksi bisa tembus lebih dari Rp 400 miliar. Pasalnya, pameran ini semakin banyak peserta yang berpartisipasi, dan pastinya banyak muncul merek-merek baru.

Hal tersebut, akan membuat masyarakat penasaran, dan banyak mencoba kendaraan listrik baru.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, perhelatan PEVS 2024 akan dilaksanakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta dengan menggunakan seluruh Hall A, B dan C pada bidang area lahan seluas 49.499 m2 dari tahun sebelumnya yang hanya 20.157 m2. Peningkatan penggunaan area ini bukan tanpa sebab.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini