Sukses

Honda CB650R dan CBR650R Kini Semakin Canggih, Dilengkapi Kopling Elektrik

Di EICMA 2023, Honda sangat sibuk meluncurkan motor di kiri dan kanan dengan segala macam pembaruan dan peningkatan. Dua model motor besar paling populer dari merek Jepang ini mendapatkan pembaruan untuk model tahun 2024 yang berupa sistem kopling baru dan desain baru.

Liputan6.com, Jakarta - Di EICMA 2023, Honda meluncurkan beragam motor baru dengan segala macam pembaruan. Dua model motor besar paling populer dari merek Jepang ini mendapatkan pembaruan untuk model tahun 2024 yang berupa sistem kopling baru dan desain baru. 

Honda CB650R dan Honda CBR650R akan mendapatkan keuntungan dari teknologi terbaru dan terbaik Honda bersama dengan desain yang diperbarui untuk menjaga agar tetap segar.

Dilansir ride apart, CB650R menerima desain baru yang sekarang lebih mengingatkan pada CB1000R, lampu depan CB1000R sekarang dipasang pada CB650R.

Selanjutnya adalah Honda CBR650R, yang memiliki tampilan yang lebih halus di sekelilingnya. Motor ini lebih terinspirasi oleh balapan dari sebelumnya dengan fairing barunya. Honda juga telah memperbarui bagian belakang model 2024, dengan ujung belakang yang tajam dan lampu belakang yang rata. 

Bagian depan motor ini masih mempertahankan desain lampu depan terpisah dengan ventilasi udara ram yang diposisikan tepat di bawah. Aliran udara tampaknya telah dioptimalkan dengan lebih banyak potongan di sisi fairing.

Kedua motor ini masih akan mendapatkan mesin 649cc empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga hingga 94 tenaga kuda dan torsi 63 Nm. 

Output-nya masih diatur oleh sistem kontrol traksi standar, dan mesin diredam oleh Showa Separate Function Fork-Big Piston (SFF-BP) berukuran 41 millimeter (1,61 inci) di bagian depan dan mono-shock Showa di bagian belakang. Rem pada kedua motor ini dipasang secara radial dan menggunakan sistem Nissin empat piston yang menggigit 310 rotor ganda di bagian depan.

Terakhir, motor ini akan hadir dengan layar TFT lima inci dengan tombol backlit penuh warna untuk menavigasi. Selain itu, sepeda motor ini juga akan kompatibel dengan Aplikasi RoadSync Honda untuk pairing smartphone iOS dan Android, dan juga akan ada port USB-C di bawah jok untuk pengisian daya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Kopling Elektrik

Fitur utama yang paling menonjol dari kedua motor ini adalah sistem Honda E-Clutch yang akan melengkapi kopling kabel tradisional. Meskipun sepeda motor masih akan berputar melalui kabel throttle, koplingnya akan memiliki dua motor servo elektronik yang diatur oleh ECU untuk melepaskan dan mengaktifkan kopling.

Ini adalah sistem bantuan tambahan yang akan memungkinkan sepeda motor untuk tidak hanya bekerja dengan slipper yang ada pada motor 649cc tetapi juga memungkinkan untuk naik dan turun gigi tanpa mengganggu tuas pada stang. 

Sistem ini berkomunikasi dengan ECU, menghasilkan perpindahan gigi naik dan turun yang mulus. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan pengendara untuk melepaskan gigi secara otomatis ketika motor berhenti-menghemat waktu.  

Perlu juga dicatat bahwa sistem ini dapat ditimpa, sehingga pengendara dapat mengontrol penuh dan mengoperasikannya secara konvensional. Sistem ini juga memiliki fitur preset sensitivitas yang memungkinkan pengendara untuk menyetel perilaku E-Clutch dengan pengaturan keras, sedang, dan lembut yang tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.