Sukses

AISI Siap Gelar Pameran Motor IMOS+ Oktober 2023 di ICE BSD dengan Konsep Baru

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) siap menggelar Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023 dengan konsep baru

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) siap menggelar Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023 dengan konsep baru. Diadakan pada tahun ganjil, dang mengusung nama IMOS+, pameran sepeda motor ini kembali diadakan setelah pandemi Covid-19 berakhir, dan pesatnya perkembangan teknologi otomotif serta meningkatnya potensi permintaan produk kendaraan bermotor roda dua.

Setelah sempat berhenti pada 2019 hingga 2021 karena dampak pandemi Covid-19, AISI sempat mengadakan IMOS pada 2022 dengan mencatatkan banyak raihan positif. Jumlah transaksi penjualan sepeda motor dan jumlah pengunjung mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Salah satu catatan penting lainnya, adalah keinginan dari mayoritas peserta agar IMOS bisa dilaksanakan setiap tahun.

Melihat hal tersebut, dan berdasarkan hasil diskusi insentif para anggota AISI, maka IMOS+ diputuskan untuk diselenggarakan tahun ini, tepatnya pada 25 – 29 Oktober 2023, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kab. Tangerang.

Ketua Bidang Komersial AISI sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran IMOS+, Sigit Kumala mengungkapkan dari sisi teknologi, industri sepeda motor juga terus berkembang yang ditandai dengan makin banyaknya tipe dan teknologi kendaraan listrik di Tanah Air.

"Dengan diselenggarakan setiap tahun, industri sepeda motor dapat menyampaikan perkembangan dan update produk baru ke konsumen lebih cepat, termasuk teknologi motor listrik. Kami yakin IMOS+ akan mempermudah pecinta sepeda motor memenuhi kebutuhannya sekaligus akan mendorong peningkatan capaian tahunan penjualan sepeda motor di Indonesia," tutur Sigit.

Penyelenggaraan IMOS+ diharapkan dapat menstimulus pertumbuhan industri otomotif yang mengalami peningkatan signifikan pasca pandemi. AISI mencatat penjualan sepeda motor di pasar domestik kembali menguat pada 2022, setelah sebelumnya menurun drastis akibat pandemi Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angka Penjualan Sepeda Motor

Pada 2020 angka penjualan sepeda motor sempat terkoreksi 43,5 persen (year-on-year/yoy) menjadi 3.660.616 unit, dari 6.487.460 unit pada 2019. Kondisi ini mengalami perbaikan pada 2021 setelah penjualan sepeda motor naik sekitar 38 persen menjadi 5.057.516 unit.

Tren peningkatan ini berlanjut 2022 setelah tahun lalu ditutup dengan angka penjualan 5.221.470 unit, atau tumbuh sebesar 3,25 persen. AISI ingin terus mendorong capaian ini agar dapat kembali pada angka penjualan sebelum pandemi dengan menggelar IMOS+ sebagai salah satu sarana stimulus pasar.

Sementara itu, selama lima hari penyelenggaraan IMOS+ akan mengambil area total sebesar 10.000 meter persegi, atau dua kali lipat luasan pameran IMOS sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.