Sukses

Menko Airlangga Hartarto Minta Produsen Mobil Kembangkan Teknologi Fuel Cell untuk Dorong Ekspor

Lanjut Airlangga, untuk mendorong pertumbuhan ekspor pihaknya mengajak kepada principal untuk mulai menerapkan energi baru terbarukan, dan teknologi fuel cell tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan, baik yang berbasis baterai, hybrid, plug-in hybrid (PHEV) ataupun energi terbarukan lainnya, seperti fuel cell atau hidrogen. Terlebih, industri otomotif dunia juga bergerak menuju pengembangan teknologi yang diklaim menjadi masa depan, dan keberadaannya semakin nyata.

"Dengan teknologi ini (fuel cell) Mobil menjadi ramah lingkungan," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di sela-sela pembukaan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2023).

Lanjut Airlangga, untuk mendorong pertumbuhan ekspor pihaknya mengajak kepada principal untuk mulai menerapkan energi baru terbarukan, dan teknologi fuel cell tersebut.

"Dengan begitu, bisa menjadi Indonesia sebagai basis produksi kendaraan dengan teknologi dan model terbaru (fuel cell atau hidrogen)," tegas Airlangga.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, politikus partai Golkar ini menjelaskan jika jumlah ekspor 2022 mengalami peningkatan yang signifikan, sebesar 473.602 unit secara completely built-up (CBU).

"Jika ditambahkan dengan CKD, total ekspor mobil di Indonesia menjadi sekitar 600 ribu unit atau tumbuh sekitar 60,76 persen year on year," pungkasnya.

Tren positif pengiriman mobil asal Indonesia berlanjut hingga awal 2023 atau Januari sebesar 38.500 unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menko Airlangga Hartarto Buka Pameran Otomotif GJAW 2023, Gaikindo Ajak Masyarakat Beli Mobil Awal Tahun

Pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Gelaran otomotif yang telah diselenggarakan untuk kedua kalinya ini, akan hadir selama 10 hari, pada 10 hingga 19 Maret.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Yohannes Nangoi, asosiasi sudah mulai bergerak untuk terus mendorong pertumbuhan penjualan Industri otomotif Tanah Air.

"GJAW 2023 ini sebagai ajang pembelian mobil awal tahun. Kita memastikan, acara ini menjadi waktu yang terbaik bagi masyarakat untuk belanja Mobil," jelas Nangoi, dalam sambutannya saat pembukaan GJAW, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2023).

Sementara itu, Menko Airlangga mengatakan, pertumbuhan Industri otomotif Indonesia cukup positif. Terbukti, dari peningkatan penjualan pada Januari 2023.

"Pada Januari 2023, penjualan mobil baru tumbuh 11,93 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," jelas Airlangga di kesmpatan yang sama.

GJAW akan menghadirkan inovasi industri otomotif Indonesia secara lengkap, total lebih dari enam puluh merek, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung.

Para anggota GAIKINDO, BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling akan fokus pada peluncuran kendaraan terbaru dan juga promo untuk meningkatkan transaksi sepanjang pameran berlangsung.

Di GJAW 2023 berbagai penawaran dan promo yang dihadirkan langsung oleh para APM anggota GAIKINDO, sehingga program-program yang tawarkan untuk pengunjung pastinya menggiurkan, untuk mendorong transaksi sepanjang pameran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.