Sukses

Tips Mengurangi Grogi saat Pertama Kali Mengendarai Sepeda Motor di Jalan Raya

Jumlah sepeda motor yang berlalu-lalang di jalan raya jauh lebih banyak dibanding kendaraan roda empat dan transportasi umum. Ini menandakan masyarakat Indonesia mengandalkan kendaraan roda dua tersebut untuk beraktivitas.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah sepeda motor yang berlalu-lalang di jalan raya jauh lebih banyak dibanding kendaraan roda empat dan transportasi umum. Ini menandakan masyarakat Indonesia mengandalkan kendaraan roda dua tersebut untuk beraktivitas.

Meski banyak peminat, bukan berarti motor menjadi kendaraan yang efektif dan aman dikendarai. Kecelakaan atau masalah-masalah di jalan juga sering terjadi pada pengendara motor, sehingga tak jarang, menimbulkan kekhawatiran atau ketakutan bagi beberapa orang.

Merasa khawatir berada di jalan raya memang bukan hal yang buruk. Takut akan menabrak, ditabrak, atau terjatuh adalah hal yang wajar di pikiran setiap pengendara. Apalagi jika seseorang pernah mengalami salah satu kejadiannya.

Rasa khawatir di jalan membuat kita jadi lebih berhati-hati dalam berkendara. Namun, Anda juga harus membatasi kekhawatiran dan ketakutan ini. Jangan sampai rasa takut membuat Anda takut untuk naik motor.

Jika Anda sudah terlanjur takut untuk berkendara naik motor, ada beberapa cara menghilangkan rasa takut naik motor bagi pemula yang bisa Anda coba untuk meningkatkan keberanian bermotor.

Nah, berikut ini cara menghilangkan rasa takut naik motor bagi pemula yang dilansir dari laman motorcyclebrave.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikuti kursus sepeda motor

Jika Anda baru mulai mencoba naik motor, cara menghilangkan rasa takut naik motor bisa dengan mengikuti kursus motor. Ini akan menjadi investasi yang bagus, karena Anda akan mempelajari dasar-dasar pengoperasian dan pergerakan berkendara dengan sepeda motor.

Anda akan mempelajari teknik yang tepat, mendapatkan pemahaman dan wawasan yang diperlukan, yang akan membuat pengalaman mengendarai sepeda motor tidak terlalu menegangkan.

Gunakan perlengkapan sepeda motor yang tepat

Cara menghilangkan rasa takut naik motor yang kedua adalah dengan mempersiapkan diri dengan perlengkapan berkendara. Melengkapi diri sebelum berkendara adalah hal yang wajib. Jika kita lihat di jalan, Anda mungkin akan sering menemukan banyak pengendara yang mengenakan sandal jepit, celana pendek, dan kaos saat naik sepeda motor, tetapi ini bukanlah persiapan yang tepat.

Mengenakan perlengkapan sepeda motor yang tepat tidak hanya melindungi Anda dari kondisi lingkungan dan cuaca, tetapi juga dapat menyelamatkan hidup Anda.

Mengetahui bahwa persiapan Anda sebelum berkendara dapat menyelamatkan dan melindungi diri, akan membuat Anda merasa lebih aman dan membantu mengatasi rasa takut saat naik motor.

 

3 dari 4 halaman

Konsisten latihan

Cara menghilangkan rasa takut naik motor ketiga yakni dengan berlatih. Semua teori di dunia ini tidak akan berguna jika Anda tidak mempraktikkannya. Di awal berkendara, pilihlah tempat parker atau ruang terbuka yang diaspal dengan sedikit lalu lintas untuk berlatih.

Latih semua yang telah Anda pelajari di kursus mengendarai sepeda motor. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda berkendara, sehingga dapat membantu mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri dan mengelola ketakutan.

Biasakan diri dengan mengganti gigi, menghidupkan sein saat berbelok, pengereman, akselerasi, dan lain sebagainya. Banyak pemula biasanya akan merasa kewalahan dengan berbagai tugas tersebut. Namun dengan sering berlatih, gerakan-gerakan tadi akan jadi kebiasaan.

Pelajari cara menghadapi rasa takut

Cara menghilangkan rasa takut naik motor keempat yaitu dengan mempelajari cara menghadapi rasa takut. Merasa takut di jalan adalah hal yang wajar, bahkan bagi pengendara yang berpengalaman sekali pun.

Mengatur pernapasan adalah salah satu cara paling sederhana untuk menenangkan diri. Jika Anda merasa cemas dan khawatir, hentikan sepeda motor di pinggir jalan dan tarik napas dalam-dalam sebanyak lima kali.

Salah satu hal yang menimbulkan kecemasan dan ketakutan adalah ketika Anda justru sering berpikir hal-hal negatif. Terus-menerus memikirkan hal-hal buruk adalah cara yang baik untuk menyabotase diri sendiri. Jadi cobalah untuk fokus pada hal-hal positif saja.

Jangan terlalu memikirkan kesalahan yang dibuat. Semua orang pernah membuat kesalahan, jadi Anda hanya perlu belajar bagaimana menerimanya, dan tetap positif. Ini akan menjauhkan Anda dari pikiran negatif yang bisa membuat Anda down.

 

4 dari 4 halaman

Pelajari kebiasaan baik sejak dini

Cara menghilangkan rasa takut naik motor kelima bisa dengan mempelajari kebiasaan baik saat berkendara. Cukup sederhana, patuhi peraturan, rambu lalu lintas, dan lampu lalu lintas. Jangan percaya pada kendaraan lain di jalan dan selalu waspada.

Beberapa kendaraan mungkin tidak menggunakan lampu sein dengan benar hingga sering mengecoh pengendara lainnya. Terkadang, ada yang melakukan tikungan tajam dan tak terduga, pergantian jalur, atau manuver berbahaya lainnya.

Jika Anda seorang pemula, tidak disarankan untuk melakukan group riding. Pada awalnya, Anda mungkin tidak dapat membedakan siapa yang memiliki kebiasaan berkendara yang baik dan siapa yang tidak.

Bentuk dan jaga sikap yang benar

Mengendarai sepeda motor bisa dianggap sebagai proses belajar tanpa henti. Setiap kali Anda berada di sepeda motor, Anda akan belajar sesuatu yang baru. Dan Anda harus siap dan mau belajar.

Mendapatkan sikap ini akan memberi Anda ketenangan pikiran. Hal ini sekaligus menjauhkan rasa puas diri, dan menjauhkan masalah dan cedera. Hasilnya, ini bisa membuat Anda lebih percaya diri.

Menghindari tabrakan dan bertanggung jawab dalam berkendara akan membuat Anda tetap berada di jalan lebih lama, lebih aman, dan Anda dapat membangun lebih banyak kepercayaan pada kemampuan Anda.

Terima kenyataan

Banyak pengendara baru yang takut ketika berhadapan dengan lalu lintas lintas, mereka bersikap sangat waspada, hingga terkesan kaku. Mereka juga takut berpikiran akan potensi kecelakaan dan banyak situasi mengancam jiwa yang bisa dialami pengendara sepeda motor.

Namun, inilah kenyataan dalam berkendara sepeda motor. Anda hanya harus menerima bahwa akan selalu ada risiko, dan Anda perlu melakukan yang terbaik untuk mempersiapkannya.

Penulis: Andre Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.