Sukses

FIA Resmi Pensiunkan Nomor 43 Milik Mendiang Ken Block

Pasca kematian atlet motorsport dunia, Kenneth Paul Block atau yang akrab disapa Ken Block beberapa waktu lalu, Federation Internationale de L'Automobile (FIA) kini memberikan pengumuman bahwa mereka akan memensiunkan nomor 43 yang biasa digunakan oleh Ken Block.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca kematian atlet motorsport dunia, Kenneth Paul Block atau yang akrab disapa Ken Block beberapa waktu lalu, Federation Internationale de L'Automobile (FIA) kini memberikan pengumuman bahwa mereka akan memensiunkan nomor 43 yang biasa digunakan oleh Ken Block.

Dalam pernyataannya tersebut, FIA menjelaskan pada musim balap 2023 World Rally Championship (WRC), nomor tersebut tidak boleh digunakan oleh siapapun. Langkah tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan penyelenggara WRC dalam hal memensiunkan nomor balap.

Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, dalam penjelasannya mengatakan bahwa langkah ini dilakukan untuk menghormati jasa mendiang Ken Block serta untuk memberikan ketenangan kepada keluarga yang ditinggalkan dan para koleganya.

"Mengingat kontribusi besar yang diberikan teman baik kita Ken Block untuk motorsport dan fakta bahwa dia sangat dihormati oleh orang-orang di seluruh dunia, sangat tepat bahwa Nomor 43 miliknya akan ditarik dari penggunaannya selama musim WRC 2023," jelas Mohammed Ben Sulayem, seperti dilansir Carsoops.

Sementara itu, petinggi FIA tersebut juga tidak menjelaskan perihal apakah hanya sebatas pada tahun 2023 saja, atau akan selamanya dipensiunkan. Namun, ia melanjutkan bahwa langkah tersebut sebagai penghormatan kepada pembalap berusia 55 tahun tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Menghormati Jasa Ken Block di Dunia Motorsport

"Meskipun ini adalah gerakan kecil, kami berharap ini akan memberikan kenyamanan bagi keluarga dan teman-temannya saat ini. Ken adalah legenda sejati dan kenangan akan legenda sejati ini akan hidup bersama kita selamanya," tambahnya.

Bicara perihal memensiunkan nomor balap, ajang balap Formula 1 pernah melakukan hal ini dengan menonaktifkan nomor 17 milik Jules Bianchi pasca kecelakaan yang dialami pada GP Jepang 2014 lalu.

Sementara ajang balap NASCAR juga pernah melakukan hal serupa di mana mereka memensiunkan nomor balap 61 yang digunakan oleh Richie Evans setelah kematiannya pada 1985.

3 dari 3 halaman

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.