Sukses

Mau Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Pakai Mobil Listrik, Pilih yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 sudah semakin dekat. Rencana perjalanan bersama keluarga pun sudah bisa disiapkan dari sekarang.

Bagi yang menjalani libur Nataru dengan membawa kendaraan pribadi, memilih mobil yang ideal menjadi prioritas utama. Terlebih lagi untuk pemilik kendaraan listrik, jarak tempuh mobil menjadi faktor utama untuk melakukan perjalanan.

Mobil listrik dengan jarak tempuh yang jauh tentunya lebih memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan, mengingat tempat pengecasan masih terbatas pada kota-kota besar atau tempat tertentu.

Berikut pilihan mobil listrik ideal untuk dibawa selama libur Nataru 2023:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Wuling Air ev Long Range

Pertama adalah Wuling Air ev tipe Long Range. Meski bodi kecilnya terbilang kurang ideal untuk perjalanan jarak jauh, varian Long Range bisa menempuh jarak sejauh 300 km dalam sekali pengecasan.

Artinya mobil listrik mungil ini lebih dari cukup untuk mengunjungi tempat wisata atau keluarga dekat antar kota. Sebagai contoh dari Jakarta ke Bandung hanya membutuhkan 151 km, sedangkan jarak dari Yogyakarta dan Semarang mencapai 130 km.

Wuling Air ev Long Range dijual dengan harga Rp 295 juta.

3 dari 6 halaman

2. DFSK Gelora E Minibus

Berikutnya adalah DFSK Gelora E Minibus. Meski tergolong sebagai kendaraan niaga, versi minibus mempunyai kapasitas 7 penumpang. Lalu bentuk bodinya yang serba mengotak membuat Gelora E sangat praktis dalam membawa barang.

Beberapa fitur-fitur kenyamanan mobil ini termasuk adanya AC, head unit mutlifunsi dan tersedia dengan kamera mundur. DFSK Gelora E bisa menempuh jarak sekitar 300 km dalam sekali pengecasan.

DFSK Gelora E Minibus dibanderol Rp 582,1 juta.

4 dari 6 halaman

3. Nissan LEAF

Pilihan ketiga adalah Nissan LEAF. Hatchback ini menawarkan berbagai keunggulan fitur, seperti AC otomatis, head unit multifungsi, cruise control, speedometer semi-digital, jok kulit dan mempunyai pemanas kursi.

Nissan LEAF diklaim bisa menjelajah sejauh 311 km dalam sekali pengecasan. Mobil ini juga mempunyai fitur e-Pedal, di mana motor listriknya akan mengerem secara otomatis saat pedal gas dilepas. Artinya LEAF, secara teori, bisa dikendarai  tanpa membutuhkan menginjak pedal remnya.

Nissan LEAF bisa dipinang dengan harga mulai dari Rp 728 juta.

5 dari 6 halaman

4. Hyundai Ioniq 5

Pilihan mobil listrik keempat adalah Hyundai Ioniq 5. SUV bergaya unik ini hadir dengan berbagai fitur, seperti panoramic sunroof, kursi depan elektrik dengan ottoman, pendingin dan pemanas kursi, Hyundai SmartSense serta dilengkapi fitur Vehicle 2 Load (V2L).

Hyundai Ioniq 5 tersedia dengan beragam spesifikasi. Tipe Standard bisa berjalan hingga 384 km, lalu tipe termahal Signature Long Range mencapai angka 451 km. Sedangkan varian Prime Long Range diklaim mempunyai jarak tempuh hingga 481 km.

Hyundai Ioniq 5 bisa dipinang dengan mahar mulai dari Rp 748 juta hingga Rp 859 juta.

6 dari 6 halaman

5. Toyota bZ4X

Terakhir adalah Toyota bZ4X. SUV pesaing Hyundai Ioniq 5 ini mempunyai jarak tempuh yang memadai. Toyota mengklaim bZ4X bisa berjalan hingga 500 km, membuatnya cukup ideal untuk perjalanan jarak jauh.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur-fitur menarik, seperti desain dasbor futuristis, head unit besar berukuran 12.3 inci, wireless charger, panoramic sunroof dan peranti keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Toyota bZ4X dijual dengan harga Rp 1,19 miliar.

Sumber: Otosia.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS