Sukses

Sirkuit Sentul Banyak Dikeluhkan, Yamaha Sunday Race Diminta Digelar di Mandalika

Kondisi aspal Sirkuit Sentul banyak dikeluhkan para pembalap, utamanya pada seri ke-1 Yamaha Sunday Race (YSR) Juni lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi aspal Sirkuit Sentul banyak dikeluhkan para pembalap, utamanya pada seri ke-1 Yamaha Sunday Race (YSR) Juni lalu. Permukaan aspal yang bergelombang, berlubang, banyak tambalan tebal, hingga empasan kerikil disebut bisa membahayakan nyawa para pembalap.

"Sirkuit Sentul jadi tempat untuk latihan karena paling mudah diakses. Tapi kondisi seperti ini membuat kami harus lebih waspada karena banyak hal yang berubah. Terutama karakter Sirkuit sangat berbahaya, contohnya di jalur luar pengereman sebelum masuk ke tikungan pertama, itu aspalnya banyak yang terkelupas. Sehingga kita harus lebih berhati-hati agar tak terjatuh," kata Mohammad Faerozi dari tim Yamaha Racing Indonesia.

Sementara itu, kabar duka menyelimuti balapan YSR seri ke-2 kemarin, pembalap muda Kevin Madria yang berkompetisi di kelas R15 Comm B dinyatakan meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan di tikungan 4 Sirkuit Sentul. Dia sempat mendapat perawatan di rumah sakit terdekat, namun nyawanya tak tertolong.

Tak sedikit para pembalap yang mengutarakan keinginan agar balapan YSR atau yang lainnya bisa digelar di Sirkuit Mandalika di Lombok yang dinilai jauh lebih memadai dari segi aspal, fasilitas, dan keamanannya.

Tentu harapan itu berangkat dari kekhawatiran mereka soal keselamatan dan nyawa ketika berlaga di lintasan balap.

Riyadi Prihantono Coordinator Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan, memang banyak permintaan terkait lokasi Sirkuit Mandalika untuk gelaran YSR.

Saat ini Yamaha sedang menampung permintaan tersebut untuk ke depan bisa direalisasikan.

"Kita inginnya seperti itu (Mandalika), harapannya begitu apalagi Mandalika pernah jadi Sirkuit untuk MotoGP. Kita ingin mencoba ke sana, doakan saja supaya itu bisa terealisasi," kata Riyadhi saat ditemui di Sirkuit Sentul, Minggu (28/8/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Event Balap Nasional di Sirkuit Mandalika

Hingga saat ini belum ada event balap nasional roda dua yang digelar di Sirkuit Mandalika. Mungkin saja ini jadi momentum untuk Yamaha Indonesia unjuk gigi soal keseriusan mereka mengembangkan serta memajukan sektor balap sepeda motor Tanah Air.

Sebagai informasi, gelaran YSR seri ke-3 dijadwalkan akan berlangsung pada September 2022 mendatang. Hingga saat ini Sirkuit Sentul masih jadi lintasan yang dipilih untuk jalannya balapan.

Semoga saja di seri selanjutnya ada pembenahan yang serius dari pihak pengelola agar nyawa para pembalap tidak dipertaruhkan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini