Sukses

Serba-serbi Rem ABS Pada Sepeda Motor yang Mesti Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pengereman ABS memiliki fungsi vital untuk melindungi setiap pengendara. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah serba-serbi mengenai sistem pengereman ABS pada sepeda motor.

Anti-lock Braking Sistem atau yang kerap dikenal dengan sebutan ABS merupakan garda depan keselamatan dari sebuah kendaraan. Sistem ini diklaim dapat membantu meminimalisir kecelakaan. 

Fungsi dari rem ABS ini sendiri adalah ketika motor mengerem secara mendadak tidak akan selip dan tetap stabil. Sehingga kondisi ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan, khususnya pada medan yang basah dan licin. 

ABS sendiri akan bekerja saat mesin motor pertama kali dihidupkan. Sistem pengereman yang satu ini memiliki Speed Sensor untuk membaca kecepatan roda depan maupun belakang.

Ketika kecepatan dirasa tidak sinkron maka akan di informasikan pada ECU dan dibawa menuju modulator. ECU sendiri bekerja untuk menghidupkan solenoid.

Akibat yang dapat terjadi saat roda depan dan belakang tidak sinkron kecepatannya adalah akan selip. Dalam sistem ABS ini, ECU berfungsi untuk membantu kinerja pengereman ini.

Dengan menyesuaikan agar terjadi pengereman dan membantu ABS supaya roda tidak terkunci.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Merawat ABS

Berikut beberapa cara yang dapat Otolovers untuk merawat pengereman ABS agar kinerjanya tetap terjaga secara maksimal. 

Melakukan pengecekan  fungsi ABS dengan komputer. Rajin mengganti minyak rem secara berkala dan pengecekan terhadap speed sensor dan rotor. Membersihkan debu dan kotoran lain yang menempel pada area komponen-komponen rem ABS.

Demikian, fungsi ABS pada motor yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard