Sukses

Muncul di Brasil, Kembaran Yamaha FreeGo Dibanderol Rp 41 Juta

Yamaha Brasil meluncurkan skutik baru bernama Fluo 125. Sekilas, skutik 125cc ini mirip dengan Yamaha FreeGo di Indonesia. Apakah mereka memiliki hubungan?

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Brasil meluncurkan skutik baru bernama Fluo 125. Sekilas, skutik 125cc ini mirip dengan Yamaha FreeGo di Indonesia. Apakah mereka memiliki hubungan?

Ya, Fluo 125 pada dasarnya adalah skutik FreeGo rebranded yang ditawarkan oleh Yamaha di Indonesia. Namun, Fluo hadir dengan variasi yang halus dibandingkan dengan saudara kandungnya di sini. Mari kita lihat apa yang ditawarkan Fluo kepada konsumen Brasil.

Sebagai permulaan, desain Fluo identik dengan FreeGo. Masih mempertahankan gaya modern dan sporty. Satu-satunya perbedaan tampak pada penempatan lampu sein dan lampu rem.

Kalau di Indonesia menyatu, di Brasil ditawarkan dengan model terpisah. Stoplamp-nya justru menempel pada sepatbor.

Lalu secara visual, Fluo ditawarkan dengan tiga pilihan warna. Ada hitam, biru dan putih. Dua pilihan terakhir hadir sebagai skema cat dual-tone dengan blacked-out planes pada fairing samping, apron depan, lantai, pelek dan underpinnings untuk menonjolkan daya tarik sporty skuter.

Dalam hal fitur, Fluo sudah ditawarkan dengan ABS dan memang hanya ada satu versi. Tidak seperti di Indonesia yang dipisah sebagai opsi varian.

Fitur lain yang ditawarkan Fluo termasuk konsol instrumen digital sepenuhnya dengan latar belakang pencahayaan biru, soket pengisi daya 12 volt, penerangan LED penuh, fungsi start/stop otomatis, dan entri tanpa kunci melalui tombol pintar.

Fluo telah menggunakan Smart Key System (SKS) dengan sistem tanpa anak kunci (Keyless). Dilengkapi dengan Immobilizer sebagai fitur keamanan, serta Answer Back System untuk mencari posisi motor pada saat di parkir.

Yamaha juga menyediakan 25 liter penyimpanan di bawah kursi, memungkinkan pengendara bisa menyimpan barang berharga dengan cukup mudah.

Last but not least, Fluo 125 mendapatkan pengaturan pencahayaan LED penuh pada lampu utamanya, memastikan visibilitas maksimal saat bepergian di malam hari. Sebetulnya semua itu masih serupa dengan FreeGo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harganya Berbeda Jauh dari Yamaha Freego di Indonesia

Bagian penunjang kestabilan masih serupa dengan FreeGo. Ia menggunakan sasis underbone khas. Lalu garpu teleskopik konvensional di depan dan mono-shock offset dipasang di hub roda belakang.

Tugas pengereman mengandalkan cakram 200mm di depan dan tromol 130mm di belakang. Dibantu oleh ABS saluran tunggal di roda depan.

Sama seperti yang ada di Indonesia, Fluo juga pakai velg 12 inci yang menawarkan pengalaman berkendara nyaman. Apalagi ketinggian kursinya hanya 780mm.

Sama seperti saudaranya yang di Indonesia, Fluo juga memberi pengalaman berkendara lebih menyenangkan, lantaran sudah dipasangkan ban lebar tipe tubeless.

Didukung jok panjang dan pijakan kaki luas, membuat pengendaranya lebih rileks, terutama saat membawa penumpang ataupun barang.

Dalam hal performa identik dengan FreeGo. Mengusung Blue Core Engine 125cc SOHC yang bisa menghasilkan 9,6 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,8Nm di 5.500 rpm, serta transmisi CVT.

Terdapat teknologi Stop & Start System (SSS), bisa mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat motor berhenti, sehingga lebih efisien, serta Smart Motor Generator (SMG) menjadikan suara mesin lebih halus saat dinyalakan.

Yamaha Fluo di Brasil dibanderol 13.390 Real Brasil atau sekitar Rp 41 jutaan. Membuatnya lebih mahal Rp20 jutaan dengan FreeGo yang ada di Indonesia.

Selisih harga tersebut akibat pajak impor karena Yamaha berniat mengimpor skutik ini langsung dari Indonesia.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.