Sukses

Zontes Kembangkan Mesin Tiga Silinder dengan Kapasitas Besar

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan sepeda motor asal Cina, Zontes, diketahui tengah mempersiapkan motor baru dengan kapasitas mesin lebih besar. Untuk diketahui, selama ini Zontes dikenal sebagai pabrikan yang kerap bermain di kelas 125cc dan 310cc.

Sebuah video yang dirilis oleh Zontes di media sosial Cina menunjukkan mesin anyar dengan konfigurasi tiga silinder. Di situ juga menunjukkan beberapa komponen seperti camshafts, crankshafts dan silinder.

Pesan yang menyertai klip menjelaskan bahwa perusahaan telah dikritik karena tidak memiliki silinder kembar, sehingga ia membalas dengan tiga kali lipat untuk melompati para pesaingnya.

Jantung mekanis tiga silinder gres itu diharapkan memiliki volume 800 cc. Namun pabrikan menyatakan bakal membuat beberapa model dari jenis mesin barunya itu.

Tahun lalu, sketsa dari enjin silinder ganjil beredar di web, dengan berbagai klaim kapasitas 800 cc dan1.000 cc. Tetapi bukti kredibilitas video baru menambahkan sejumlah gagasan besar, bahwa sepeda motor seperti itu sedang dalam proses.

Mesin baru dikatakan memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi yaitu 13,5:1. Menunjukkan bahwa ia dirancang dengan mempertimbangkan performa. Sebagai perbandingan, MV Agusta F3 800 memiliki rasio kompresi 13,3:1 dengan tenaga 147 Hp.

Triumph Street Triple RS punya power 121 Hp pada rasio 12,54:1. Dan yang terbaru dari Yamaha, MT-09 mempunyai kompresi 11.5:1 dengan tenaga 117 Hp.

Jika seperti yang diharapkan, mesin Zontes memiliki kapasitas yang sama dengan motor MV Agusta, atau setidaknya bisa mendekati tingkat kinerja pabrikan Italia.

Jika Zontes memutuskan untuk menjangkau segmen kelas atas dengan mesin tiga silinder, boleh jadi mereka mengikuti pola yang sama seperti model yang lebih kecil.

 

2 dari 3 halaman

Keuntungan

Seperti kita tahu, platform 310 miliknya saat ini mencakup naked bike 310 R, sport tourer 310 X (versi X1 dengan swingarm satu sisi), adventure 310 T, dan cruiser 310 V yang mirip Ducati Diavel versi mini. Bila menerapkan skema yang sama, merek Cina itu memiliki rangkaian lengkap yang siap untuk panggung internasional.

Satu keuntungan yang dimiliki Zontes agar bisa masuk pasar Eropa yakni dari segi harga. Kisaran sepeda motor 312 cc yang dijualnya jauh lebih murah dibanding pabrikan lain seperti KTM Duke 125 dan Yamaha MT-03.

Punya banyak varian di kelas menengah dan belajar dari pabrikan Cina lain yang sudah lebih dulu menapak di benua biru, membuat persaingan tidaklah sulit. Beberapa modelnya sudah mengaspal di Inggris dan Afrika Selatan.

Untuk diketahui, Zontes berbasis di Guangdong, Cina dan merupakan anak perusahaan dari Tayo Motorcycle Technology Co Ltd. Merek ini mengkhususkan diri dalam pembuatan sepeda motor berkapasitas kecil, step-through dan skuter.

Line up yang lebih dikenal yakni varian mesin 312 cc, yang juga diekspor ke beberapa pasar Eropa, serta Amerika Latin.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19